News

Inilah Sunnah Rasulullah Adab Makan dan Minum

Islam merupakan agama yang sempurna. Setiap hal dalam kehidupan, diatur dalam islam. Hingga hal-hal kecil seperti makan dan minum pun diatur dalam islam. Islam memberikan tuntunan terkait adab makan dan minum yang baik, yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Maka Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum yang perlu kamu ketahui.

Berikut adab-adab terkait makan dan minum yang disunahkan oleh Rasulullah. Antara lain :

  • Tidak makan dan minum sambil berdiri

Dari Anas ra, ia berkata : “Dari Rasulullah bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Kemudian Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?’ Lalu Anas menjawab, ‘Itu lebih parah dan lebih jelek'”. (HR. Muslim).

Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum

Tiada khilaf di kalangan ahli fiqih bahwa seseorang dianjurkan makan dan minum sambil duduk. Tetapi minum sambil berdiri tanpa uzur menyalahi yang afdhal menurut mayoritas ulama,” (Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah:1997M/1417H] cetakan pertama, juzXV, halaman 270-271).

Baca Juga : Larangan Makan dan Minum Berdiri

Pun telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan dan minum sambil duduk itu jauh lebih baik dalam segi kesehatan.

  • Makan dan minum menggunakan tangan kanan

Dari Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallhu’alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah Saw bersabda,

“Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah “Bismillah”), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang paling dekat denganmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu, (HR. Bukhari).

  • Tidak meniup makanan dan minuman

“Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah melarang pengembusan nafas dan peniupan (makanan atau minuman) pada bejana,” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Meniup makanan atau minuman itu dilarang. Sebab, ketika kita meniup makanan atau minuman dengan mulut kita, bisa saja kotoran pada mulut kita terjatuh kedalam makanan atau minuman tersebut dan menjadikannya jorok/kotor.

Baca Juga : Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum

Selain itu, dalam segi kesehatan pun telah dibuktikan. Bahwa ketika kita meniup makanan atau minuman dengan mulut kita, karbondioksida yang kita keluarkan akan menempel pada makanan atau minuman kita, dan dapat menjadi racun bagi tubuh.

  • Mengawalinya dengan bismillah

Setiap hal mesti kita awali dengan bismillah, termasuk makan. Rasulullah bersabda : “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia mengucapkan Bismillah (menyebut nama Allah Ta’ala). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah di awal, hendaknya ia mengucapkan: “Bismillahi awwalahu wa aakhirotu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”. (HR. Tirmidzi).

  • Tidak makan sambil bersandar

Hukumnya makruh untuk makan sambil bersandar tanpa adanya uzur. Rasulullah berkata, “Aku tidak mengambil makananku sambil bersandar” (HR. Bukhari).

  • Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan

Dilarang untuk makan dengan berlebihan hingga membuat kita kekenyangan. Rasulullah bersabda : “Tidaklah sekali-sekali manusia memenuhi sebuah wadah pun yang lebih berbahaya dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap makanan untuk menegakkan tubuhnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga (bagian lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk napasnya (udara).” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Lawan Bakteri dan Virus dengan Antibodi dari Makanan Bergizi

Jika terlalu banyak makan hingga terlalu banyak minum juga, lalu tubuh kita pun menjadi lebih banyak beristirahat (tidur). Itulah yang akan membuat kita banyak merugi.

  • Makan dengan tiga jari

Dari Ka’ab bin Malik dari bapaknya beliau mengatakan, “Rasulullah itu makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim).

  • Mengucap Alhamdulillah seusai makan

Seusai makan, jangan lupa untuk mengucap alhamdulillah sebagai bentuk syukur kita kepada Allah. Rasulullah mengajarkan kita untuk membaca doa setelah makan, yang artinya : “Puji syukur kepada Allah yang telah memberi makan dan memberi minum kepada kami serta menjadikan kami termasuk orang-orang Islam.” (HR. Abu Dawud).

Baca Juga : Anak Asuh Binaan Membuat Makanan Sehat

Sahabat, Inilah Sunnah Rasulullah Terkait Adab Makan dan Minum, demikanlah adab-adab makan yang mesti seorang muslim terapkan. Selain untuk mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah, adab-adab yang telah Rasulullah ajarkan pasti mengandung kebaikan lainnya. 

Share it on