Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Teman Yang Baik

Sahabat, teman  bisa menimbulkan pengaruh positif atau negatif pada seseorang. Anak baik yang berteman dengan yang tidak baik, akan meniru nilai-nilai dan perilaku tidak baik pula. Sebaliknya, anak yang tidak baik bila berteman dengan teman yang baik, ia akan meniru nilai-nilai utama dan perilaku yang baik. Inilah Teman Yang Baik yuk kita simak artikel ini agar kamu mengetahuinya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam bersabda : 

Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud). Teman berpengaruh terhadap keyakinan dan pemikiran seseorang. Inilah pengaruh paling utama dari seorang teman. Allah ta’ala berfirman : “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang zhalim menggigit dua jarinya, (menyesali perbuatannya) seraya berkata, “Aduhai! Sekiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama Rasul. Celakalah aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrabKu. Sungguh, dia telah menyesatkan aku dari peringatan (Al-Qur’an) ketika (Al-Qur’an) itu telah datang kepadaku. Dan setan memang pengkhianat manusia.” (QS. Al-Furqan : 27-29)

Inilah Teman Yang Baik

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman dalam sabda beliau : “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, teman juga dapat menjadikan alasan kita untuk masuk surga, begitu juga neraka. Jangan sampai kita menjadi orang yang menyesal karena berteman dengan orang yang dapat menjerumuskan kita ke neraka. Dalam Al-Qur’an di gambarkan orang yang menyesal karena temannya.

Baca Juga : Berteman Dengan Orang Jujur

Teman yang sesungguhnya bermanfaat untuk akhirat kita ialah teman yang jujur dan juga soleh. Teman yang jujur dan juga soleh akan memberi tahu kita, mana yang baik dan mana yang buruk, dan dia tidak meninggi jika diterima nasehatnya, dan tidak merendah jika ditolak nasehatnya. Seorang teman yang soleh akan membimbing kita untuk lebih dekat kepada Allah dengan mengajak kita kepada hal-hal baik.

Allah memerintahkan kita berkawan dengan orang yang jujur. Sebagaimana firmanNya dalam Al Qur’an surat At-Taubah ayat 119 : “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur

Sahabat, Inilah Teman Yang Baik, semoga Allah ta’ala senantiasa menjaga kita dan keluarga kita dari pengaruh teman-teman yang buruk dan mengumpulkan kita bersama teman-teman yang baik.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top