News

Inilah Tiga Simpanan Terbaik

Orang yang beriman itu adalah orang yang percaya bahwa Allah lah Rabbnya dan percaya dengan adanya kehidupan setelah mati, yaitu kehidupan akhirat yang kekal. Manusia itu harusnya tidak hanya mengejar kebahagiaan dunia, namun juga kebahagiaan di alam akhirat kelak. Maka, kita tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan di dunia saja, namun juga menyiapkan simpanan dan bekal untuk kehidupan akhirat. Yuk kita simak artikel tentang Inilah Tiga Simpanan Terbaik, semoga bermanfaat kak.

Rasulullah memberikan kita nasihat tentang tiga simpanan terbaik yang lebih baik dari simpanan yang lainnya. Rasulullah bersabda : “Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir dan istri (suami) yang shalih yang menolongmu atas urusan duniamu dan agamamu adalah sebaik-baiknya yang dijadikan simapanan oleh manusia.” (HR. Baihaqi).

Untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Tiga simpanan terbaik yang Rasulullah sebutkan dalam haditsnya sangatlah kita butuhkan. Berikut pembahasan tentang tiga simpanan terbaik untuk kehidupan akhirat kelak.

1. Hati yang bersyukur

Inilah Tiga Simpanan Terbaik

Hati yang bersyukur merupakan kunci keselamatan. Allah berfirman : “Mengapa Allah mengazab kalian, jika kalian bersyukur dan beriman…” (QS. An-Nisa : 147). Syukur dalam kehidupan dunia ini ditujukan kepada tiga pihak.

Pertama, bersyukur kepada Allah yang telah menghidupkan kita dan memberikan nikmat yang tak terhingga pada kita. Allah tidak membutuhkan rasa syukur kita, melainkan diri kita yang membutuhkannya. Allah berfirman : Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman : 12).

Kedua, bersyukur kepada orang tua. Bapak dan ibu kita yang telah merawat, mendidik dan membersarkan kita dengan penuh kasih sayang. Bersyukur kepada orang tua pun sama salah satu bentuk bersyukur kepada Allah, sebab bersyukur kepada orang tua pun perintah dari Nya.

Allah berfirman  : “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman : 14).

Ketiga, Bersyukur kepada manusia yang telah banyak berjasa dan memberi manfaat kepada diri kita. Bersyukur kepada orang lain berbentuk terima kasih. Tentu kita juga mesti berterima kasih dan bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmatnya melalui orang tersebut.

Berterima kasih kepada makhlukNya merupakan salah satu kunci syukur. Rasulullah bersabda : “Tidak akan bersyukur kepada Allah orang yang tidak mau berterima kasih kepada manusia.” (HR. Ahmad).

2. Lidah yang berzikir

Zikir adalah mengingat Allah. Yaitu mengingat syariatNya, dan mengingat bahwa Allah lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yaitu mengingat bahwa Allah lah tujuan akhir dari segala yang kita usahakan. Rasulullah bersabda : “Perumpamaan orang yang berzikir kepada Allah dengan yang tidak berzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Bukhari).

Baca Juga : Rutinitas Dzikir Pagi dan Petang Anak Asuh

Lidah yang senantiasa mengingat Allah adalah simpanan terbaik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Dengan mengingat Allah, kita bersyukur, bersabar, dan mengagungkanNya. Sebab itu, dengan berzikir kita memperoleh berbagai keutamaan.

3. Pasangan hidup yang shalih/shalihah

Manusia itu diciptakan berpasang-pasangan. Setiap manusia telah Allah tentukan jodohnya. Namun kita juga mesti berusaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang baik. Pasangan yang baik itu seperti yang Rasulullah katakan. Rasulullah bersabda : “Wanita dinikahi karena empat perkara, yakni karena harta kekayaan, kedudukan, kecantikan dan karena agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu.” (HR. Muslim).

Namun usaha yang harus kita lakukan adalah memperbaiki diri sendiri. Sebab Allah berfirman : “…Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…” (QS. An-Nur : 26). Pasangan yang baik akan membuat kita saling tolong menolong dalam kebaikan. Baik dalam urusan dunia maupun akhirat. Sehingga kita dapat meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Sahabat, sebagai persiapan kehidupan akhirat, kita harus mempersiapkan tiga simpanan tersebut agar kita bisa meraih kebahagiaan di akhirat kelak.

Share it on