News

Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

Pandemi virus corona ini membuat kewaspadaan kita meningkat dan juga meningkatkan stres, terlebih lagi orang yang masih perlu untuk bekerja di luar rumah. Tingkat stres yang berlebihan sangat berbahaya karena dapat karena dapat melemahkan fisik dan juga daya tahan tubuh. Ini ditandai dengan gejala sulit tidur. 

Jika daya tahan tubuh kita lemah, maka tubuh kita mudah untuk terjangkit penyakit. Oleh karena itu menjaga imunitas tubuh sangat penting di saat pandemi virus corona ini.

Dalam meningkatkan imunitas tubuh, kita harus menerapkan pola hidup yang sehat, pola makan yang sehat, tidur yang cukup, mengurangi tingkat stres, mengkonsumsi multivitamin jika dibutuhkan. Dan lainnya.

Sahabat, Yuk simak langkah-langkahnya agar imunitas tubuh kita tetap kuat, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk virus corona.

Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona :

Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

  • Memakan makanan yang bergizi

Untuk menaikkan imunitas tubuh, memakan makanan yang bergizi sangatlah bermanfaat. Dalam hal ini, adalah memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Ini disebabkan sayuran dan buah memiliki banyak kandungan vitamin. Lebih dianjurkan lagi untuk mengolah makanan sendiri. 

Dengan mengolah makanan sendiri, kita dapat mengatur keseimbangan gizi kita dan juga sudah terjamin lebih higienis daripada masakan yang dibeli di tempat umum. Selain itu, kita harus kurangi konsumsi makanan cepat saji, karena memiliki kandungan gizi yang rendah dan berpotensi untuk menurunkan imunitas tubuh. 

Baca Juga : POLA HIDUP SEHAT AGAR SELAMAT DARI WABAH VIRUS CORONA

  • Beristirahat yang cukup

Selain sebagai gejala stres, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur, terlebih lagi untuk anak-anak dan remaja, karena disaat tidur tubuh mengeluarkan hormon untuk perkembangan tubuh. Tidur yang cukup berkisar dari 6 – 10 jam, sesuai dengan kebutuhan. Sangat dianjurkan untuk tidak begadang, karena dapat mempengaruhi kerja otak dan juga memperlambat pertumbuhan.

 

 

  • Kurangi stres

 

Stres yang berlebihan akan berdampak buruk pada tubuh kita dan menurunkan imunitas tubuh kita. Seringkali kita sangat tertekan hingga membuat kita stres, tingkat stres kita miliki sebaiknya harus kita kurangi dengan cara melakukan refreshing. Hal yang dianjurkan adalah berolahraga, karena dengan menggerakkan tubuh kita, kita dapat mengurangi stres.

 

 

  • Jauhi merokok dan meminum alkohol

 

Merokok dapat menurunkan imunitas kita dan menimbulkan kerusakan pada tubuh kita, terutama pada paru-paru. Asap nya juga dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasan. Selain itu meminum alkohol juga dapat menimbulkan kerusakan jantung dan ginjal.

 

 

  • Berolahraga dan berjemur

 

Berolahraga sangat baik bagi tubuh kita, terlebih lagi jika dibawah sinar matahari yang mana banyak mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, menghirup udara segar yang kaya akan oksigen juga dapat membantu dalam meringankan kerja otak.

 

 

  • Mengkonsumsi multivitamin

 

Mengkonsumsi multivitamin dan merupakan cara yang simpel untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Banyak jenis multivitamin dari yang kimia dan juga herbal. Sangat dianjurkan untul mengkonsumsi multivitamin herbal, karena tidak ada efek samping dan kandungannya lebih terjamin. Multivitamin herbal yang sering kita jumpai adalah Habbatussauda (jintan hitam). 

“Diriwayatkan dari Aisyah bahwa mendengar Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya al-Habbah as-Sauda’ ini adalah kesembuhan (Obat) dari setiap penyakit kecuali dari as-Sam”. Kataku (Aisyah): “Apa itu as-Sam?” Jawab Rasulullah : “Kematian”.”. Dan juga untuk menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi madu. Karena didalam madu terdapat obat yang menyembuhkan.

Sahabat, Itulah beberapa cara untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita, agar kita tidak mudah terjangkit penyakit dan dapat terjauhi dari virus corona. Tetap dirumah dan tetap jaga kesehatan kita. #stayhomestaysafe #dirumahaja

Share it on