Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Ucapan Idul Fitri

Idul Fitri merupakan salah satu hari raya umat Islam. Dalam perayaan itu umat Islam harus bergembira, salah satunya dengan memberikan ucapan Idul Fitri kepada sesama. Inilah Ucapan Idul Fitri yang Benar Menurut Islam dan Sunnah. Yuk kita simak artikel ini semoga bermanfaat.

Allah SWT berfirman dalam perayaan Idul Fitri ada banyak rahmat dan karunia. Sehingga umat Islam harus bergembira. Hal itu tertulis dalam Al-Quran Surat Yunus ayat 58. Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.

Lantas, ucapan Idul Fitri yang benar menurut Islam seperti apa?

Perlu diketahui bahwa telah terdapat berbagai riwayat dari beberapa sahabat radhiyallahu ‘anhum bahwa mereka biasa mengucapkan selamat di hari raya di antara mereka dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Inilah Ucapan Idul Fitri yang Benar Menurut Islam dan Sunnah

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘id (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Dikutip dari buku Misteri Bulan Ramadhan karya Yusuf Burhanudin, doa dan ucapan hari raya Idul Fitri sesuai sunnah adalah ‘taqaobalallahu minna wa minkum’.

Hal itu sesuai dengan hadist riwayat Ahmad, sebagai berikut Inilah Ucapan Idul Fitri yang Benar Menurut Islam dan Sunnah :

Arab: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

Latin: Taqobalallahu minna wa minkum

Artinya: Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua

Selain itu, dalil lain menyebutkan Ibnu Taimiyah ditanya dalam Majmu Fatawa (24/253), “apakah ucapan selamat hari raya yang biasa diucapkan orang-orang ‘Ied Mubarak (hari raya yang diberkahi)’ dan semacamnya, apakah ada dasarnya dalam syariat atau tidak?”

Baca Juga : Anjruan Untuk Puasa Syawal

Maka beliau menjawab, “Taqabbalallahu minna waminkum, dan semacam itu, maka ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya.” Tetapi Ahmad berkata, “Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib.”

Selamat merayakan hari raya Idul Fitri!

English EN Indonesian ID
Scroll to Top