Griya Yatim & Dhuafa

Inilah Waktu Yang Sangat Mustajab Untuk Berdoa

Donasiberkah – Kak, doa adalah salah satu senjatanya bagi orang-orang Mukmin. Oleh karenanya, banyak-banyaklah berdoa kepada Allah di setiap urusan kita, agar Allah memudahkan dalam urusan tersebut. Sebagaimana Allah memerintah kan untuk selalu berdoa kepadaNya, “…Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (QS. Ghafir : 60). Inilah waktu yang mustajab untuk berdoa, yuk kita simak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan kepada umatnya, agar selalu berdoa kepada Allah dalam keadaan apapun. Sebagaimana sabdanya : “Barang siapa yang tidak meminta kepada Allah, maka niscaya Allah akan murka padanya” (HR. Tirmidzi). Dalam ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman : “Hai manusia kamulah yang butuh kepada Allah, dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji” (QS. Fathir : 15).

Kak, setiap dari kita hendaknya mengetahui kapan waktu-waktu dikabulkannya doa yang kita panjatkan. Berikut waktu yang paling mustajab untuk berdoa :

Di Saat Sepertiga Malam

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Allah turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata : “Siapa yang berdoa pada-Ku, Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan kuberi. Dan siapa yang meminta ampunan pada-Ku, pasti akan Ku ampuni. (HR. Bukhari & Muslim).

Pada Akhir Shalat Fardhu

Nah Kak, pada akhir shalat fardhu, Insya Allah akan dikabulkan doa kita, sebagaimana kisah seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Doa apa yang paling didengar oleh Allah? Maka Nabi menjawab : “Doa setengah malam terakhir (tahajud) dan doa akhir shalat fardhu” (HR. At-Tirmidzi).

Inilah Waktu Yang Sangat Mustajab Untuk Berdoa
Inilah Waktu Yang Sangat Mustajab Untuk Berdoa

Pada Saat Berbuka Puasa

Kak, doa orang yang berpuasa sangatlah mustajab, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang terzalimi” (HR. Ibnu Majjah, Tirmidzi, Ibnu Hibban).

Pada Saat Adzan Berkumandang

Kak, pada saat adzan berkumandang kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa, sebab pada saat itu akan terkabulkan. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ada dua doa yang tidak tertolak atau bahkan jarang tertolak yakni doa saat adzan dan doa ketika perang berkecamuk” (HR. Abu Daud dan Al-Baihaqi).

Doa Antara Adzan Dan Iqomah

Kak, ketika adzan berkumandang maka hendaknya kita bergegas ke masjid untuk menunaikan ibadah. Nah pada saat belum iqomah di situ terdapat waktu yang sangat mustajab. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (di waktu itu)” (HR. Ahmad).

Ketika Hujan Turun

Kak, selain hujan membawa keberkahan, ternyata pada saat hujan doa akan dikabulkan Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Dua doa yang tidak akan ditolak: (1) doa ketika adzan dan (2) doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Hakim dan Al-Baihaqi).

Kak, jadi itulah waktu yang sangat mustajab untuk kita berdoa, yuk kita berdoa pada waktu tersebut. Semoga apa yang menjadi hajat kita Allah kabulkan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top