Griya Yatim & Dhuafa

Insecure ku ketika melihat orang selalu Istiqomah dalam bersedekah

Sahabat Dermawan, sudah tahukah apa arti dari insecure? Insecure merupakan dimana sebuah perasaan yang tidak aman atau kecemasan yang berlebihan yang membuat seseorang merasa gelisah terhadap suatu hal. Insecure merupakan hal yang wajar, tapi tidak wajar jika terlalu berlebihan dalam menyikapinya. Akan tetapi seharusnya kita itu insecure terhadap orang yang selalu istiqomah dalam hal bersedekah.

Sahabat, ketahuilah bahwa kehidupan yang kita alami saat ini sifatnya hanya sementara. Dan pastinya suatu saat nanti entah kapan kita akan kembali kepada Allah Ta’ala. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memperbanyak amalan shalih, di antaranya dengan sedekah. Sebab sedekah merupakan amalan yang akan terus mengalir walaupun kita sudah tiada.

Akan tetapi kebanyakan dari kita menunda-nunda bahkan sama sekali tidak mau untuk bersedekah, sehingga waktu kematian pun tiba ia menyadari bahwa amalan sedekah sangatlah penting. Sebab nantinya mereka yang enggan bersedekah akan menyesal. Bukan karena mereka kurang dengan harta mereka akan tetapi mereka kurang bersedekah.

insecure ku ketika melihat orang sedekah
                     Insecure ku ketika melihat orang selalu Istiqomah dalam bersedekah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan nafkahkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu   sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kalian, lalu ia berkata kepada Rabbnya, “Wahai Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda kematianku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang shalih” (QS. Al-Munafiqun : 10).

Sahabat, bahwa di dalam ayat tersebut, banyak orang yang ketika sudah meninggal dunia mereka memohon untuk diberikan waktu sebentar saja untuk bersedekah, kenapa tidak memohon untuk melakukan shalat, puasa, umroh, haji ataupun amalan yang lainnya? Bahwa ulama berkata, “Tidaklah seorang yang telah mati itu menyebut untuk bersedekah melainkan karena kehebatan pahala yang telah dilihat selepas kematiannya”.

Sahabat, shalat, puasa dan haji merupakan ibadah yang sangat mulia dan pahalanya sangatlah besar. Namun pahalanya tersebut hanya diberikan oleh Allah saat itu saja (ketika mereka melakukan amalan tersebut), ketika semasa hidupnya. Berbeda dengan amalan sedekah, sebab sedekah merupakan salah satu amalan yang pahalanya akan tetap terus mengalir meskipun si pelaku  sudah meninggal dunia.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara : yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

 Oleh karena itu hendaknya kita memperbanyak amalan sedekah, sebab dengan sedekah yang kita keluarkan di dunia ia akan datang di saat kita membutuhkannya . Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya” (HR Ahmad).

Dan Jangan sampai kita termasuk kedalam golongan orang yang menyesal di kemudian hari. Manfaatkanlah sisa umur kita untuk menunaikan amal shalih yang satu ini sebanyak-banyaknya. Kak, hendaknya kita melihat orang di luar sana, mereka sempatkan untuk bersedekah walaupun dia sendiri kekurangan.

Yuk Kak, kita hendaknya memperbaiki amalan kita, dengan cara bersedekah istiqomah walaupun hanya dengan sebuah kurma saja. Semoga Allah menerima amalan yang kita lakukan. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top