Griya Yatim & Dhuafa

Istiqomah Untuk Mencapai Ridha Allah

Istiqomah merupakan hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Karena ketika kita tidak istiqomah di jalan Allah, kita akan melupakan tujuan awal kita berada di atas muka bumi ini. Salah satunya adalah untuk menyembah kepada Allah. Allah berfirman : “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56). Istiqomah merupakan suatu komitmen untuk mencapai suatu tujuan. Maka Istiqomah untuk mencapai ridha Allah.

Allah memerintahkan kita untuk tetap beristiqomah di jalan Allah. Allah berfirman : “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Hud : 112). Selain ditujukan kepada Rasulullah, ayat ini juga ditujukan kepada kita sebagai umatnya untuk tetap berada di jalan yang benar.

Istiqomah Untuk Mencapai Ridho Allah

Ketika kita Isiqomah di jalan Allah, maka Allah akan hapus rasa cemas, khawatir, dan takut yang ada pada diri kita. Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Rabbku Allah kemudian mereka istiqomah, maka mereka tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak pula bersedih.” (QS. Al-Ahqaf : 13). Itulah salah satu keutamaan dari beristiqomah di jalan Allah.

Inilah Istiqomah Untuk Mencapai Ridha Allah, antara lain :

  1.       Istiqomah dalam aqidah

Istiqomah itu mengandung keimanan di dalamnya. Maka seseorang yang beriman itu sudah harus beristiqomah dalam aqidahnya yaitu istiqomah dalam segala ketetapan Allah. Hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus di pegang oleh seorang mukmin. Seorang mukmin tidak boleh ragu terhadap Rabbnya. Allah berfirman : “Maka janganlah kamu berada dalam keragu-raguan tentang apa yang disembah oleh mereka. Mereka tidak menyembah melainkan sebagaimana nenek moyang mereka menyembah dahulu. Dan sesungguhnya Kami pasti akan menyempurnakan dengan secukup-cukupnya pembalasan (terhadap) mereka dengan tidak dikurangi sedikitpun.” (QS. Hud : 109).

  1.       Istiqomah dalam syari’at dan akhlak

Setelah menyatakan diri kita sebagai seorang yang beriman. Konsekuensinya kita harus mematuhi segala tuntutan syari’at dan juga akhlak yang telah Allah tetapkan. Beristiqomah untuk menjauhi larangannya dan juga melaksanakan perintahnya. Allah berfirman : “Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.” (QS. Al-An’am : 153). Kita juga mesti beristiqomah untuk tetap menjadi pribadi yang memiliki akhlak yang baik. Jangan sampaikita terhasut oleh lingkungan dan menjadikan akhlak kita menghilang dari diri kita.

  1.       Istiqomah dalam perjuangan

Dalam berjuang di jalan Allah, kita mesti Istiqomah meskipun di terpa dengan segala macam cobaan dan rintangan. Istiqomah untuk mencapai ridho Allah memang berat, tetapi bukan berarti kita tidak bisa melaluinya. Allah berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: ‘Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu’. Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.”  (QS. Fushilat : 30-31).

Baca Juga : Inilah Empat Bentuk Amal Shalih

Yuk sahabat, kita beristiqomah di jalan Allah. Dalam Al-Qur’an terdapat doa agar kita tetap istiqomah. “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).” (QS. Ali Imran : 8).

Semoga Allah berikan keteguhan dalam hati kita dalam perjuangan di jalan Allah. Aamiin…

English EN Indonesian ID
Scroll to Top