Griya Yatim & Dhuafa

Jadikan Al-Qur’an Sebagai Teman Harian Ramadhan

Sahabat dermawan, membaca Al-Qur’an adalah ibadah yang mulia dan memiliki keutamaan yang besar terlebih bila dilakukan di bulan suci Ramadhan. Maka yuk Jadikan Al-Qur’an Sebagai Teman Harian Ramadhan.

Al-Qur’an memiliki hubungan erat dengan bulan suci Ramadhan karena Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada bulan Ramadhan. Keutamaan suatu hari atau bulan biasanya disebabkan adanya peristiwa yang terjadi pada hari atau bulan tersebut.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)⠀(QS. Al-Baqarah ayat 185).

Ramadhan sebagai bulan istimewa penuh rahmat, berkah dan magfirah yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, kitab mulia yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wasallam dan di malam termulia (malam al-Qadar) serta di bulan yang termulia. Oleh sebab itu, Rasulullah lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an pada bulan ini di bandingkan bulan-bulan lainnya. 

Inilah ada beberapa tips untuk semakin intens berteman dengan Al-qur’an di bulan Ramadhan, diantaranya: 

  1. Mengenali Al-Qur’an

Untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an kita perlu mengenalnya terlebih dahulu. Kita dapat mengenainya dari pengajian-pengajian yang membahas apa itu Al-Qur’an, bagaimana sejarah Al-Qur’an, apa keistimewaan dari Al-Qur’an, serta pahala seperti apa yang diberikan Allah untuk orang yang senang berteman dengan Al-Qur’an. 

  1. Dapat membaca Al-Qur’an dengan baik

Sebagai seorang muslim tentu saja hal yang kedua adalah bisa membaca setiap ayat Al-Qur’an dengan baik. Tidak perlu khawatir jika diantara kita belum terlalu baik dalam membaca Al-Qur’an, Maka di bulan Ramadhan inilah waktunya untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik.  Tips kedua ini bisa diaplikasikan dengan belajar membaca kepada orang yang handal dan kompeten dalam membaca Al-Qur’an, entah kepada ustadz-ustadz atau lewat media internet untuk belajar membaca Al-Qur’an.

  1. Memahami isi Kandungan Al-Qur’an. 

Memahami isi kandungan serta makna Al-Qur’an juga bisa menjadi salah satu hal pemicu mendekatnya seseorang kepada Al-Qur’an, dengan memahami maka pikiran dan hati akan merasakan bagaimana indahnya berbicara dengan Al-Qur’an yang tentu saja kita pun dapat dengan mudah menangkap pesan-pesan yang disampaikan oleh Allah melalui perkataan-Nya yang tertuang di dalam Al-Qur’an tersebut. 

  1. Mengikuti karantina Tahfizh Al-Qur’an.

Matanya akan selalu tertuju kepada ayat-ayat Al-Qur’an, telinganya senantiasa mendengar lantunan Al-Qur’an serta tangannya juga senantiasa menyentuh dan membawa Al-Qur’an. Di Indonesia sendiri biasanya bulan ramadhan adalah ajang bagi lembaga-lembaga tahfizh dengan membuka sebuah karantina untuk orang-orang yang ingin menghafal Al-Qur’an, baik dengan jangka waktu setengah bulan saja maupun sampai satu bulan. 

  1. Mengajarkan Al-Qur’an.

Seseorang yang menjadi guru Al-Qur’an juga sedikit banyaknya harus bersinggungan dengan kitab suci ini. Mengajarkan Al-Qur’an adalah skill atau anugerah yang diberikan oleh Allah terhadap hamba-Nya untuk selain mengamalkan Al-Qur’an bagi dirinya sendiri, namun juga orang lain, agar kebagian juga dapat mengamalkan dan ngalap berkahnya. 

Itulah beberapa tips yang berhasil dirangkum dari beberapa pengalaman menarik. Semoga kita dapat melaksanakannya dengan baik di bulan suci yang penuh dengan berkah ini dan semoga di bulan Al-Qur’an ini kita dapat dengan mudah berteman dan bersahabat bersama Al-Qur’an. Sahabat dermawan, yuk hiasi rumah kita, kantor, masjid dengan bacaan Al-Qur’an dengan berharap pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala⠀.

Baca Juga :

English EN Indonesian ID
Scroll to Top