News

Jadikan Ampunan Allah Sebagai Tujuan Ramadhan

Sahabat dermawan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan setiap umat muslim, karena pada bulan Ramadhan terdapat banyak keutamaan salah satu nya adalah dipenuhi dengan Ampunan Allah. Bulan Ramdhan lah jadikan ampunan Allah sebagai tujuan ramadhan.

Setiap muslim sangat berharap agar disampaikan umurnya pada bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan Allah. Rasulullah mengajarkan kita sebuah doa, agar kita disampaikan pada bulan Ramadhan, diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik ra bahwa nabi Muhammad saw berdoa : “Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami pada Ramadhan.”

Sekarang ini, kita semua telah diijinkan oleh Allah sampai ke pertengahan Ramadhan. Kita harus benar-benar mengisi bulan Ramadhan ini dengan beribadah kepada Allah, karena pada bulan Ramadhan itu segala macam amal saleh akan dilipatgandakan. Prilaku ini merupakan bentuk dari rasa syukur kita karena telah disampaikan umur kita pada bulan Ramadhan dan keseriusan kita dalam mengharapkan ampunan Allah. Orang yang menyikapi bulan Ramadhan sebagaimana bulan-bulan lainnya adalah orang yang kurang bersyukur.

Maka kita harus fokus agar setiap rangkaian amalan Ramadhan mendatangkan ampunan dari Allah. Banyak amalan yang memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa. Misalnya dengan bersedekah, kita juga dapat menebus dosa-dosa kita yang telah lalu dengan bersedekah, Mengenai sedekah disebutkan dalam hadits : “Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang selepas tengah malam.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973).

Atau juga dengan membayar zakat, Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu berkata, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Seorang laki-laki berkata, Ya Rasulullah, bagaimana jika seseorang membayar zakat hartanya ? Rasulullah menjawab, Barangsiapa membayar zakat hartanya maka keburukannya telah hilang darinya.” (HR. Ath-Thabrani).

Baca Juga : Inilah Beberapa Cara Menghapus Dosa

Dan banyak lagi amalan lainnya yang dapat menebus dosa-dosa kita. Itu berlaku juga di luar bulan Ramadhan. Sementara di bulan Ramadhan setiap amalan memiliki nilai yang lebih besar di sisi Allah. Maka ketika kita melakukan amalan tersebut di bulan Ramadhan, peluang kita akan mendapatkan ampunan Allah menjadi jauh lebih besar.

Jika Ramadhan tahun ini kita tidak diampuni oleh Allah maka sungguh merugi kita. Itu berarti kita tidak memaksimalkan usaha kita untuk meminta ampunan kepada Allah. Jika tidak terdapat keseriusan dan keikhlasan dalam diri kita untuk meminta ampunan kepada Allah, maka doa kita pun tidak sampai kepadaNya.

Sahabat, Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda : “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.” (HR. Ahmad, dishahihkan al-Hakim, adz-Dzahabi dan al-Albani). Lalu bentuk celakanya apa ya sahabat ? Imam Ibnu Rajab Al Hanbali memberikan nasehatnya : “Barangsiapa yang tidak diampuni dosa-dosanya di bulan Ramadhan, maka tidak akan diampuni dosa-dosanya di bulan-bulan lainnya.” (Latha-if Al-Ma’arif, hal. 297).

Sahabat dermawan, Mari kita penuhi bulan Ramadhan ini dengan usaha mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan kepadanya. Karena hanya bulan Ramadhan inilah bulan yang penuh dengan ampunan. Jangan sampai diri kita termasuk orang yang tidak bersyukur bahwa umurnya sudah disampaikan kepada Allah. Dan juga janganlah kita menjadi orang yang celaka karena tidak mendapatkan ampunan Allah meskipun sudah melewati di bulan Ramadhan.

Semoga apa yang kita tuju di bulan Ramadhan ini yang tidak lain merupakan ampunan Allah semata, dapat kita capai dengan usaha penuh niat dan keikhlasan yang kita jalani. Aamiin…

Share it on