News

Jaga Kesehatan dengan Jalan Kaki

Sahabat, tubuh kita itu butuh untuk digerakkan, agar otot-otot pada tubuh kita tidak kaku. Tidak perlu dengan olahraga yang berat, cukup hanya dengan berjalan kaki saja kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Yuk Jaga Kesehatan dengan Jalan Kaki.

Hanya dengan jalan kaki, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat. Antara lain :

  1.       Menjaga kesehatan jantung

Berjalan kaki merupakan olahraga yang sangat simpel. Namun, dengan berjalan kaki, kita dapat mendapatkan khasiat yang sangat besar. Salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung.

Sebagai pemula, sebaiknya mencoba berjalan kaki selama 15 menit setiap hari dengan jarak sedang. Berjalan kaki setidaknya 30 menit/hari secara rutin, atau lima hari dalam seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner hingga 19 persen. Hal itu berhubungan dengan kebugaran kardiorespirasi yang berkaitan terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung.

Jaga Kesehatan dengan Jalan Kaki

Semakin rutin berjalan kaki, semakin tinggi pula tingkat kebugaran kardiorespirasinya. Manfaat jalan kaki setiap hari dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko stroke hingga 20-40 persen. Selain itu, penelitian lain juga mengungkapkan berjalan kaki selama 30 menit/hari akan memiliki resiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah.

  1.       Menghindari diabetes

Manfaat jalan kaki juga berguna untuk menurunkan diabetes tipe dua hingga 30 persen dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan berjalan kaki, otot tubuh akan bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa meningkat.

  1.       Memperkuat tulang

Kebiasaan berjalan kaki setiap hari juga dapat membantu memperkuat tulang, sehingga akan mampu mengurangi resiko osteoporosis, radang sendi dan masalah sejenis terkait kesehatan tulang. Terlebih lagi jika jalan kaki di pagi hari, dimana sinar matahari pagi itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

  1.       Menurunkan berat badan

Sama seperti olahraga lainnya, Sahabat, berjalan kaki termasuk dalam golongan olahraga yang dapat memperbaiki respons tubuh terhadap hormon insulin. Hormon tersebut bertugas mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat mengurangi jumlah lemak pada tubuh.

  1.       Mengurangi stress

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depresi. Selain itu, jalan kaki bisa memperbaiki mood dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

  1.       Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan rutin berjalan kaki, akan meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan berbagai macam virus dan penyakit. Seperti, batuk, pilek, dan flu.

  1.       Menjaga kesehatan pencernaan

Salah satu kebiasaan buruk tetapi kerap dilakukan banyak orang adalah tidak melakukan aktivitas apa pun setelah mengonsumsi makan-makanan berat. Mereka kebanyakan hanya berdiam diri selepas makan, padahal itu berisiko menganggu kinerja sistem pencernaan upaya saluran pencernaan bekerja dengan maksimal. Maka kita perlu bergerak meskipun hanya berjalan kaki selama 5 menit.

Baca Juga : Efek Konsumsi Santan Bagi Kesehatan Tubuh

Sahabat, yuk kita biasakan untuk berolahraga walau hanya berjalan kaki. Berolahraga itu memang dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit, namun semua itu adalah dengan seizin Allah. Oleh karena itu. selain membiasakan diri untuk berolahraga, jangan lupa untuk senantiasa bersedekah.

Sedekah juga dapat menghindarkan kita dari banyak musibah. Rasulullah bersabda : “Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra” (HR. Thabran).

Sahabat, Jaga Kesehatan dengan Jalan Kaki, Yuk sempatkan diri untuk berolahraga dan juga bersedekah di donasiberkah.id. Semoga Allah selalu berikan kesehatan agar kita dapat selalu beramal shalih. Aamiin…

Share it on