Griya Yatim & Dhuafa

Jagalah silaturahmi dengan baik

Donasiberkah. Kak, kebersamaan dengan menjalin silaturahmi memang diperlukan dalam menjalin hubungan dengan baik. Harmonisnya hidup dikarenakan sebuah kebersamaan yang saling menjalin dan satu tumpuan. Di dalam silaturahmi memiliki banyak keutamaan di antaranya ialah, memperkuat tali persaudaraan, diluaskan rezekinya, dipanjangkan umurnya, menjaga kerukunan, menjaga kesehatan mental serta dijauhkan dari api neraka. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang masih membutuhkan bantuan dari orang lain.

Silaturahmi Mempererat Persaudaraan

Karenanya dalam menjalin hubungan silaturahmi harus semaksimal mungkin diaplikasikan dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari, sebab akan ada dampak yang timbul dari kita. Bersilaturahmi akan mempererat tali persaudaraan kita, dan mampu menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat memecah belah tali persaudaraan. Di dalam islam, silaturahmi sangat lah penting untuk memperkuat ukhuwah, sebab kekuatan akan terbentuk bila semua  diposisikan pada titik kebersamaan yang satu sama lain saling menopang dengan semangat juang yang tinggi.

Jagalah silaturahmi dengan baik

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan keterangan kepada kita semua, bahwa harus lah kita menjaga tali silaturahmi, sehingga bagi siapa yang memutuskan tali silaturahmi maka tidak akan masuk kedalam syurga nya Allah Ta’ala. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekerabatan” (HR Bukhari dan Muslim).  

Hal ini sangatlah penting, sebab hubungan silaturahmi bila di laksanakan maka umat Islam bisa kuat dan saling menguatkan satu sama lain. Jika tidak maka akan bercerai-berai, demi menjaga keutuhan bersilaturahmi, maka sudah seharusnya kita senantiasa memberikan kepedulian terhadap sesama. Saling membantu dalam kebaikan dan meleraikan pertengkaran apabila saudaranya berselisih, tidak merendahkan seseorang baik merendah kan fisik, kedudukan, atau pun ras.

Menjaga Persaudaraan dengan Silaturahmi

Sahabat, kita semua adalah bersaudara. Dan harus tetap menjaga persaudaraan dengan saling bersilaturahim. Sebagaimana  Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS Al-Hujurat : 10).

Di dalam ayat tersebut  Allah Ta’ala memberikan keterangan kepada kita semua mengenai hakikat menjaga silaturahmi sesama muslim. dengan keutamaan dalam bersilaturahmi yang telah kita ketahui, meyakinkan bahwa silaturahmi itu bukan hal sembarangan yang semua orang bisa untuk melakukannya. Ingatlah sahabat, bahwa tali persaudaraan muslim itu bagaikan satu tubuh, hal ini telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sampaikan kepada kita semua selaku umatnya. Didalam haditsnya,

Baca Juga : Inilah Adab Bertamu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, saling menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu tubuh, bila ada salah satu anggota tubuh mengaduh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakannya, yaitu dengan tidak bisa tidur dan merasa demam.” (HR Bukhari dan Muslim). 

Sahabat Dermawan, semoga dalam pembahasan mengenai hal bersilaturahmi ini dapat memberikan solusi utama dalam meningkatkan kebersamaan. Agar selalu terjalin eratnya tali persaudaraan sesama muslim. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga kita diposisikan sebagai muslim bersaudara yang diberkahi dan diridhoi Allah Ta’ala. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top