Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Bersikap Berlebihan

admin

Sahabat Dermawan, islam mengajarkan untuk tidak berlebihan atau melampaui batas dalam tindakan apapun. Karena berlebihan merupakan sikap tercela dan tidak akan mendatangkan kebaikan bagi si pelakunya, juga buruk di hadapan Allah. Kak kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan hawa nafsu.⁣ Yuk kita simak artikel tentang Jangan Bersikap Berlebihan agar kita paham ka.

 Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya termasuk sikap berlebih-lebihan bila kamu memakan segala sesuatu yang kamu inginkan” (HR. Ibnu Majah).Makan dan minum secara berlebihan merupakan akhlak yang tercela dan sangat tidak baik apabila kita makan dan minum secara bersama dengan orang lain. Maka yang terjadi orang tersebut akan menilai bahwa kita rakus terhadap makanan. Selain itu Rasulullah juga menyuruh kita makan dan minum secukupnya sesuai dengan kebutuhan saja.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah anak adam mengisi penuh suatu wadah yang lebih jelek dari perutnya, cukuplah bagi mereka itu beberapa suap makan yang dapat menegakkan punggungnya, maka seharusnya baginya sepertiga untuk makan seperti untuk minum, sepertiga untuk dirinya atau udara” (HR. Al-Baihaqi).

Jangan Bersikap Berlebih

Dari Ibnu Mas’ud Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Binasalah orang yang berlebihan” tiga kali Rasulullah menyebutkan hadits ini baik sebagai berita tentang kehancuran untuk mereka ataupun sebagai do’a kehancuran bagi mereka” (HR. Muslim).

Dalam sabda nabi ini, sudah sangatlah  jelas bahwasanya Rasulullah sangat tidak menyukai orang-orang yang bersikap berlebih-lebihan dan bahkan Nabi memberitakan tentang kehancuran untuk orang-orang tersebut. Dalam hadist lain, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam bersada : “jauhkanlah dari kamu dari berlebih-lebihan dalam agama karena orang-orang sebelum kami hancur hanya karena sebab berlebih-lebihan dalam agama”.

Baca Juga : Antara si Kaya dan si Miskin

Allah melarang orang berlebihan, baik dalam hal ibadah maupun di dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari misalnya makan dan minum. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).

Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Makan dan minumlah, bersedekah lah serta berpakaian dengan tidak berlebihan dan sombong” (HR. An-Nasa’i).

Sahabat, ketahuilah berlebihan merupakan salah satu perbuatan setan yang harus kita jahui dan  sifat berlebihan umumnya tidak mendatangkan hal yang positif, bahkan bisa mendatangkan kerugian. Mengapa Allah dan Rasulnya melarang kita untuk tidak berbuat berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan juga minuman ?

Di lihat dari sisi kesehatan, makanan dan minuman yang kita konsumsi secara berlebihan sangatlah tidak bagus untuk sistem pencernaan didalam tubuh kita kak. Sebab lambung akan menjadi rusak apabila memproses makanan dan minuman terlalu berlebihan. Sehingga akan menyebab sistem pencernaan tidak lancar dan yang akan terjadi sakit perut, mual, akibat terlalu banyak mengkonsumsi secara berlebihan. Di sinilah mengapa Allah Ta’ala dan Rasulnya melarang kita agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman.

Maka dari itu, Yuk kak Jangan Bersikap Berlebihan, kita mesti bisa menahan hawa nafsu dan menjauhi diri dari hal-hal yang berlebihan.

66 views