News

Jangan Kesiangan Shubuh Penuh Dengan Keutamaan

Seorang mukmin itu mengawali hari-harinya dengan bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan Qiyamul Lail. Lalu istirahat sejenak sambil menunggu terdengarnya kumandang adzan shubuh. Ketika terdengar kumandang adzan shubuh, jangan tidur lagi, sebab waktu shubuh itu penuh dengan keutamaan. Yuk Sahabat, jangan sampai kita lewatkan keutamaan waktu shubuh. Maka Jangan Kesiangan, Shubuh Itu Penuh Dengan Keutamaan.

Keutamaan waktu Shubuh

Waktu shubuh dan juga waktu fajar seringkali disebutkan dalam Al-Qur’an. Ini menunjukkan betapa mulianya waktu shubuh itu. Waktu shubuh ini dimuliakan karena banyaknya keutamaan yang ada pada waktu shubuh. Di waktu shubuh, Allah memerintahkan kita untuk mendirikan shalat, yaitu shalat shubuh. Termasuk shalat shubuh di waktu shubuh itu menyimpan banyak keutamaan.

Inilah Keutamaan-keutamaan Waktu Subuh, antara lain :

  1.       Disaksikan para malaikat

Shalat shubuh itu istimewa. Shalat shubuh itu merupakan shalat yang disaksikan oleh para malaikat. Allah berfirman : “dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula shalat subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan malaikat”. (Qs. Al-Isra : 78).

  1.       Salah satu penyebab masuk surga

Kebanyakan manusia itu kadang kesiangan untuk melaksanakan shalat shubuh. Sehingga kadang juga melewatkannya. Padahal shalat shubuh itu merupakan kewajiban. Selain itu shalat shubuh juga salah satu penyebab masuk surga. Rasulullah bersabda : “barang siapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga”.(HR Bukhari dan Muslim).

Jangan Kesiangan, Shubuh Itu Penuh Dengan Keutamaan

  1.       Salah satu pencegah masuk neraka

Meskipun shalat shubuh itu hanya 2 rakaat, namun shalat shubuh merupakan salah satu pencegah diri kita dari siksa neraka. Rasulullah bersabda : “sekali kali tidak akan masuk neraka orang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit di ufuk timur”. (HR. Muslim).

  1.       Bercahaya di hari kiamat

Tidak akan sia-sia bekas wudhu dan langkah kaki orang yang jalan menuju masjid untuk melaksanakan shalat shubuh berjamaah. Sebab, hal itu dihitung sebagai sebuah kebaikan. Dan orang-orang itu akan ditandai dengan wajah yang bercahaya, ketika nanti diakhirat. Rasulullah bersabda : “Berikanlah kabar gembira kepada orang yang  banyak berjalan dalam kegelapan (isya’ dan subuh) menuju masjid, dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat kelak”. (HR Ibnu Majah).

  1.       Lebih baik dari dunia dan isinya

Sebulum shalat shubuh, kita diperintahkan untuk melaksanakan shalat qabliyah shubuh atau disebut juga shalat sunnah fajar. Shalat sunnah fajar memiliki keutamaan yang lebih baik dari dunia dan isinya. Rasulullah bersabda : “Dua rakaat shalat subuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya”. (HR Muslim dan Ahmad).

Baca Juga : Efek Kesehatan Bangun Di Pagi Hari

  1.       Waktu terkabulnya doa-doa

Pada saat shubuh, malaikat berkumpul untuk mencatat doa-doa orang yang selesai melaksanakan shalat shubuh. Di waktu itu, para malikat langsung menyampaikan doa-doa kita kepada Allah. Rasulullah bersabda : “Pada waktu itu adalah tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu”. (HR. Muslim). 

  1.       Terhindar dari sifat munafik

Di waktu shubuh lah kita dapat menemui orang-orang yang hatinya terhindar dari sifat munafik. Rasulullah bersabda : “batas antara kita dengan orang orang munafik adalah yang menghadiri shalat isya’ dan shalat subuh. Hal itu dikarenakan orang munafik tidak akan sanggup untuk menghadiri kedua shalat tersebut”. (HR Imam Malik).

Yuk sahabat, Jangan Kesiangan, Shubuh Itu Penuh Dengan Keutamaan, kita sanggup kan untuk bangun lebih awal untuk melaksanakan qiyamullail dan dilanjut dengan shalat fajar dan shalat shubuh. Namun setelah itu, jangan tidur dulu ya, sebab, waktu shubuh itu memilki banyak keutamaan seperti yang telah disebutkan. Semoga Allah sanggup kan diri kita untuk tetap istiqamah dijalanNya. Aamiin…

Share it on