News

Allah Pasti Ganti Dengan Yang Lebih Baik

Allah itu Maha Pengasih juga Maha Pemurah. Tidak akan Allah biarkan seorang hambaNya menjadi miskin akibat dia membelanjakan hartanya di jalan Allah. Jangan khawatir, Allah pasti ganti, baik itu harta maupun usaha. Yakinlah bahwa Allah pasti akan menggantinya dengan hal yang jauh lebih baik.Jangan Khawatir, Allah Pasti Ganti Dengan Yang Lebih Baik.

Apa saja yang diinfakkan untuk kebaikan karena Allah, maka Allah siapkan ganti yang lebih baik. Karenanya, tidak akan berkurang harta yang diinfakkan. Tidak akan jatuh miskin orang yang dermawan, orang yang suka berinfak dan bersedekah. Sebaliknya sahabat, dengan berinfak, Allah akan tambahkan harta dan lapangkan rezeki.

Allah berfirman : ”Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”(QS. Saba’ : 39). Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam menafsirkan ayat di atas, “Apapun yang kamu infakkan dalam apa yang diperintahkan kepadamu atau yang dimubahkan bagimu, maka Dia akan memberikan gantinya untukmu di dunia dan di akhirat dengan ganjaran dan pahala” Beliau kuatkan penafsiran ini dengan firman Allah dalam hadits Qudsi : “Berinfaklah, niscaya Aku berinfak kepadamu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Jangan Khawatir, Allah Pasti Ganti Dengan Yang Lebih Baik

Keutamaan infak dan sedekah yang langsung disebutkan Al-Qur’an, ia akan menjadi sebab bertambahnya harta dan lapangnya rezeki. Allah berfirman : “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan.” (Qs. Al-Baqarah : 245).

Sahabat, dengan berinfak, maka Allah akan melipatgandakan pahala dan balasan untuknya. 1 (satu) kebaikan menjadi sepuluh bahkan sampai 700 kali lipatnya, dan bahkan sampai jumlah tak terbatas. Ini sesuai kondisi orang berinfak, niat dan kebutuhannya. (Disarikan dari Tafsir Al-Sa’di).

Allah Tak Akan Ingkar Janji

Allah tak akan ingkar janji. Maka jika Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an bahwa Dia akan melipatgandakan harta yang telah dikeluarkan seseorang untuk perjuangan di jalanNya, maka pasti Allah akan tepati janjiNya. Bahkan Allah akan memberikan lebih dari apa yang telah Dia janjikan, sebab Allah lah Rabb yang Maha Pengasih.

Apa yang telah Allah janjikan pasti akan terjadi, dan tidak akan mungkin bisa kita tolak. Baik itu janji yang ditujukan kepada orang-orang yang beriman, maupun pada orang-orang kafir. Allah berfirman : “Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya.” (QS. Al-An’am : 134).

Baca Juga : Bersabarlah dengan Kesabaran yang Baik

Sebagai bukti nyata, mari perhatikan sekeliling kita. Pernahkah kita jumpai orang-orang yang rajin bersedekah, misalnya, atau orang-orang yang senang menyantuni anak yatim, mengulurkan tangannya untuk membantu fakir miskin, lalu dilanda kemiskinan, usahanya bangkrut, keluarganya berantakan? Pernahkah kita temui orang-orang berhati mulia yang tak segan-segan mengorbankan pikiran, harta, tenaga dan jiwanya untuk berjuang di jalan Allah, kemudian hidup mereka menderita? Tentu saja jawabannya Tidak.

Itulah sebagian dari bukti kekuasaan Allah. Sebab, Allah telah menjanjikan kebaikan bagi mereka yang peduli kepada sesama, peduli kepada anak yatim, dan ber-empati kepada mereka. Itulah janji Allah, dan sekali-kali Allah tidak akan menyalahi janjiNya.

Yuk Sahabat, Jangan Khawatir, Allah Pasti Ganti Dengan Yang Lebih Baik, senantiasa kita belanjakan harta dan apapun yang kita miliki saat ini dijalanNya, agar kelak menjadi pemberat timbangan amal shalih kita, karena sejatinya harta yang abadi adalah harta yang kita belanjakan dijalanNya.

Share it on