Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi

Ahmad Ridwansyah
Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi
                                     Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi

Donasiberkah.idBerbagi adalah sebuah proses memberikan apa yang kita punya. Memberi bisa dengan berbagi ilmu, pengetahuan, materi, dan lain sebagainya. Dengan maksud untuk membantu dan memberikan keringanan bagi yang membutuhkan. Orang yang berbagi akan rela memberikan apa yang dimiliki serta mengikhlaskan apa yang mereka usahakan baik dengan tenaga dan waktunya. Inilah artikel jangan lupa untuk saling berbagi, yuk kita simak.

Manfaat di Dalam Berbagi

Kak, pada hakikatnya, di balik proses memberi ada banyak manfaat yang akan didapatkan di antaranya, Allah akan mendatangkan keberkahan di dalam rezekinya, ketenangan hati, menumbuhkan sikap dermawan, dan yang paling utama adalah mendapatkan balasan berupa pahala yang banyak.

Baca Juga : Inilah Kebahagiaan yang Hakiki

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Barang siapa memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan balasan pinjaman itu untuknya dan dia akan memperoleh pahala yang banyak” (QS. Al-Hadid : 11).

Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya

Dengan cara berbagi semoga kita dapat belajar memaknai arti kehidupan yang sesungguhnya. Bahwa kehidupan bukanlah untuk diri sendiri, melainkan bermanfaat bagi orang lain, meskipun itu hal sederhana. Sebagaimana Sejalan dengan perintah dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya :

…“Dan tolong menolong lah kamu dalam kebajikan dan taqwa.” Sebagai umat muslim, menolong sesama muslim adalah suatu kewajiban. Oleh karena itu, jika ada yang membutuhkan bantuan haruslah kita bantu dan berbagi nikmat, yang telah Allah titipkan kepada kita.

Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi
            Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa di keluarkan untuk disedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan keberkahan rezeki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu” (HR. Imam Bukhari & Imam Muslim).

Balasan di Akhirat  

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 261).

Baca Juga : Jangan Lupa Untuk Saling Berbagi

Yuk Kak, dalam keadaan apapun jangan lupa untuk saling berbagi, sebab banyak sekali manfaat dan balasan yang akan Allah berikan. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk melakukan amalan tersebut. Aamiin.

Donasi Sekarang Griya yatim
                         Donasi Sekarang Griya yatim
29 views