Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Menyia-nyiakan Waktu

Jangan Menyia-Nyiakan Waktu
                                        Jangan Menyia-Nyiakan Waktu

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, betapa pentingnya waktu bagi manusia. Sebab waktu sebagai suatu yang sangat penting dan berharga. Sehingga apabila seseorang melalaikan waktu, ia telah melakukan sebuah kesalahan yang sangat fatal, yang dapat membawa kerugian terhadap tujuan akhirat.

Baca JugaPerlunya Menjaga Amal Kebaikan

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Demi masa. Sesungguhnya, manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling nasehat- menasehati dalam kebenaran dan nasehat-menasehati dalam kesabaran.” (QS Al-‘Asr : 1-3).

Betapa Pentingnya Waktu

Waktu merupakan hal yang dapat membinasakan seseorang, namun waktu yang kita jalani tidak dapat dihindari. Di dalam Ayat di atas menjelaskan bahwa manusia benar-benar dalam perkara yang sangat serius mengenai waktu (kerugian). Namun tidak bagi orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran. Hal yang tersebut merupakan tips yang Allah berikan agar seseorang tidak merugi dengan waktu.

Waktu dapat diibaratkan sebagai pedang bermata dua, yang jika kita menggunakannya dengan baik maka kita tidak akan terluka, namun ketika kita lalai atau melakukan kesalahan dalam menggunakannya, maka diri kita akan dirugikan. Manusia tidak dapat lepas dari waktu, namun kebanyakan orang lupa akan keberadaannya. Sehingga mereka tidak sadar bahwa mereka sebenarnya selalu berada dalam kerugian.

Jangan Menyia-Nyiakan Waktu
              Jangan Menyia-Nyiakan Waktu

Waktu Sudah Menjadi Ketetapan Allah

Waktu merupakan suatu ketetapan Allah, yang tidak dapat terulang kembali. Maka apapun yang terjadi dengan waktu kita harus mempercayainya dan itu adalah hal yang terbaik yang Allah berikan kepada kita.

Apabila seseorang di timpah dengan kerugian, maka lakukan lah muhasabah diri. Apakah dia telah melalaikan waktu atau kesalahan yang lainnya yang telah menimpahnya. Tetap lah berprasangka baik kepada Allah, yang menciptakan waktu. Bukan mencela dan menyalahkan Allah atas hal yang menimpah kita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Dan mereka berkata : ‘kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa (waktu).’ Tetapi mereka tidak mempunyai ilmu tentang itu, mereka hanyalah menduga – duga saja.” (Qs. Al-Jatsiyah : 24).

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan⠀

Yuk Gunakan Dengan Sebaik-Baiknya

Maka, karena kita tidak bisa terlepas dari waktu, kita harus bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baik mungkin. Salah satunya melakukan amalan shalih yang dapat membawa kita kepada keberuntungan. Yuk tunaikan amalan shalih melalui link kebaikan di bawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top