Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah Walaupun Sedikit

Griya Yatim Dhuafa
Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah Walaupun Sedikit
                        Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah Walaupun Sedikit

Donasiberkah.org – Sahabat dermawan, Sedekah merupakan salah satu dari sekian banyak amalan yang dianjurkan oleh rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dimana sedekah juga merupakan amalan yang memberikan banyak manfaat, pemantik keberkahan serta pembuka pintu-pintu rezeki seorang hamba yang menunaikannya. Tak heran, jika seorang hamba yang senantiasa bersedekah selalu Allah berikan rezeki dari arah yang tidak pernah diduga olehnya. Karena sedekah tidak harus memiliki harta yang banyak, baik sedikit maupun banyak sedekah yang dikeluarkan. Semua itu kembali kepada keikhlasan seseorang dalam beramal. Maka jangan merasa malu untuk bersedekah walaupun sedikit. 

Baca Juga : Raih Berkah Dengan Banyak Bersedekah

Berbicara tentang jumlah dan berapa banyak yang dikeluarkan untuk sedekah. Maka pada hakikatnya sedekah selalu berbicara tentang keikhlasan, sehingga ketika seseorang berbagi dengan harta yang banyak dan tidak ada ikhlas di dalamnya. Maka apa yang dikeluarkan orang tersebut hanyalah sesuatu yang tak memiliki makna disisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Hal Apakah Yang Membuat Orang Enggan Untuk Bersedekah ?

Biasanya seseorang enggan untuk bersedekah disebabkan oleh rasa malu. Karena dia merasa harta yang ia keluarkan terlalu sedikit atau bahkan malu karena ada orang lain yang bersedekah lebih banyak dari pada dirinya. Sehingga hal itu membuat dirinya enggan untuk bersedekah. Padahal walau sedikit, jangan malu dan merasa minder untuk bersedekah. Sebab yang menjadikan sedekah kita diterima adalah keikhlasan seorang hamba dalam bersedekah. Dan semakin ikhlas dalam bersedekah, maka peluang untuk mendapatkan keutamaan dari bersedekah semakin terbuka dengan lebar.

Baca Juga : Mari Bahagiakan Orang Lain Dengan Sedekahmu 

Allah berfirman : “Dan belanjakanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS. Al-Baqarah : 195)

Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah Walaupun Sedikit
      Jangan Merasa Malu Untuk Bersedekah                            Walaupun Sedikit

Bagi beberapa orang mungkin merasa malu ketika bersedekah dengan jumlah sedikit. Maka ketika kita bersedekah dengan jumlah yang banyak, bisa jadi sedekah itu memiliki tujuan yang lain. Atau mungkin bukan ikhlas karena Allah. Jadi jangan pernah malu walau bersedekah dengan jumlah yang sedikit, jika memang itu kemampuan kita. Tapi malulah ketika kita diberi begitu banyak nikmat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. namun kita tidak ingat untuk bersedekah dan berbagi kepada orang lain.

Baca Juga : Dahsyatnya Bersedekah Yang Kita Keluarkan 

Sekecil apapun sedekah yang kita berikan, insyaallah semua itu pasti sangat bermakna bagi orang-orang lain yang membutuhkan. Bahkan sekedar memberi makan atau minum kepada orang yang sedang berpuasa. Allah menjanjikan pahala yang begitu besar yakni senilai dengan pahala orang yang berpuasa tersebut.

Allah akan memberikan pahala yang besar dari hal-hal kecil yang dikeluarkan oleh kita untuk sebuah perubahan atau kemaslahatan bersama. Salah satunya dengan bersedekah, pahala tersebut bisa dirasakan langsung di dunia dalam bentuk kesehatan, keselamatan, pekerjaan yang baik dan bahkan terhindar dari bencana. Sedangkan pahala kebaikan yang akan didapatkan di akhirat kelak ialah akan menjadi pemberat timbangan kebaikan dan menjadi penyelamat kita di akhirat kelak.

Baca Juga : 9 Manfaat Sedekah Jariyah

Perbuatan  Baik Yang Dicintai Allah

Sedekah sama halnya dengan membantu orang lain terutama bagi mereka yang sedang membutuhkan pertolongan atau uluran tangan. Dan tentunya dengan bersedekah kita telah memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Tentunya akan menjadi jalan kebahagian bagi orang lain merupakan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Untuk itu bersedekah adalah jalan yang bisa kita tempuh, meskipun jumlahnya sedikit akan tetapi jumlah yang sedikit tersebut memiliki nilai bagi mereka yang memanfaatkannya. Sahabat, sedekah juga tidak selamanya dilakukan dengan harta, mengeluarkan tenaga, pikiran dan bahkan jabatan untuk membantu orang lain juga termasuk ke dalam sedekah.

Allah berfirman : “Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. “ (QS. Al-Baqarah : 274)

Baca Juga : 9 Manfaat Sedekah Jariyah

Yuk, Hilangkan Rasa Malu Dalam Bersedekah 

Mari sisihkan sebagian dari hartamu untuk bersedekah, meskipun itu jumlahnya sedikit insyaallah akan menjadi pemupuk keberkahan dan keikhlasan dalam diri kita. Semoga kita semua senantiasa diberikan hidayah untuk bersedekah, dan tentunya juga semoga dilapangkan rezekinya oleh Allah sehingga mampu bersedekah dan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Yuk bersedekah Di LAZNAS Griya Yatim & Dhuafa, sahabat bisa mendonasikan sedekah terbaiknya melalui link gambar berikut ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
            Donasi Sekarang Griya yatim
129 views
English EN Indonesian ID