Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Meremehkan Untuk Berbuat Kebaikan

Jangan Meremehkan Untuk Berbuat Kebaikan
                      Jangan Meremehkan Untuk Berbuat Kebaikan

Donasiberkah – Kak, jangan pernah meremehkan dalam berbuat kebaikan sekecil apapun, walaupun hanya dengan senyuman yang kita berikan kepada saudara kita.  Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (HR. Tirmidzi).

Jangan Meremehkan Hal Kecil

Di hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud & At-Tirmidzi).

Baca Juga : Yuk Tebar Senyum Kepada Sesama

Di dalam kandungan hadits tersebut bahwa “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintah kan kepada umatnya agar tidak meremehkan kebaikan sekecil apa pun. Salah satu bentuk kebaikan yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan adalah berbicara dengan saudaramu dalam keadaan wajah yang tersenyum. Seperti itu adalah bagian dari kebaikan.

Jadi ketika bertemu saudara kita hendaklah dengan wajah yang tersenyum, bukan cemberut. Karena sikap seperti termasuk pula dalam memberikan kebahagiaan pada orang lain. Membuat orang lain bahagia adalah bagian dari kebaikan dan termasuk bentuk berbuat baik pada orang lain. Allah pun menyukai orang yang demikian.

Sekecil Apapun Kebaikan Akan Dibalas

Setiap kebaikan hendaklah dilakukan baik itu ucapan maupun perbuatan. Kebaikan apa pun hendaknya jangan kita  remeh kan. Kebaikan itu adalah bagian dari perberbuatan ihsan yang akan mendapatkan balasannya .

Jangan Meremehkan Untuk Berbuat Kebaikan
Jangan Meremehkan Untuk Berbuat Kebaikan

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui” (QS. Luqman: 16).

Setiap orang yang membantu saudaranya, maka ia akan mendapatkan kebaikan. Di dalam sebuah hadits juga di katakan, bahwa ia akan mendapatkan pertolongan dari Allah, oleh karenanya jangan meremehkan kebaikan sekecil apapun. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang menolong saudaranya dalam kebutuhannya, maka Allah pun akan menolongnya dalam kebutuhannya” (HR. Bukhari & Muslim ).

Baca Juga : Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

Yuk Kak, jangan pernah meremehkan hal yang kecil, bisa jadi Allah menurunkan rahmatNya dari hal kecil yang kita lakukan.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top