Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Merendahkan

Jangan Merendahkan
                                               Jangan Merendahkan

Donasiberkah – Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh manusia menjadi berguna untuk sesama manusia. Berguna untuk mengajak kebaikan dan bersusah payah untuk menolong orang yang kesusahan. Dan jangan merendahkan seseorang karena pakaiannya yang usang dan kejelekan rupanya.

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janglah meremehkan kebaikan sedikit pun walau dengan berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan…” (HR. Abu Daud, Tirmidzi).

Sebagaimana perkataan Sahabat Ali bin Abi Thalib, “Janganlah engkau merendahkan seseorang karena kejelekan rupanya dan pakaiannya yang usang, karena sesungguhnya Allah ta’ala hanya memandang apa yang ada di dalam hati dan membalas segala perbuatan.”

Baca Juga : Sedekah Menghapus Kesalahan

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk rupa kalian dan tidak juga harta benda kalian, tetapi Dia melihat hati dan perbuatan kalian.” (HR. Muslim).

Jangan Merendahkan
                   Jangan Merendahkan

Jangan Menganggap Orang Lain Rendah

Maka, janganlah mudah untuk merendahkan orang lain, apalagi sampai kita mencaci maki dan merendahkan serta menghina sebagai orang yang buruk ( jelek). Walaupun orang tersebut melakukan kesalahan, kita tidak tahu amalan yang tersembunyi yang sering ia lakukan tanpa sepengetahuan manusia. Yang membuat Allah ridha atas segala amalannya, sehingga amalan yang ia kerjakan lebih baik dari amalan kita.

Baca Juga : Hadapi Ujian Dengan Sedekah

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakn itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al Hujurat : 11).

Seorang Ulama mengatakan, bahwa ayat di atas berisi sebuah larangan menghina dan juga merendahkan orang lain. Dan sifat meremehkan adalah termasuk orang yang sombong, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Sabar Adalah Kunci Keberhasilan

Yuk Raih Pahala Dengan Amal Kebajikan 

Teruslah berjuang mencari ridha Allah. Yuk kak, mari memperbanyak amalan-amalan kebaikan, salah satunya amalan sedekah. Sebab sedekah menjadi salah satu sebab utama yang bisa menyelamatkan di akhirat. Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top