Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Pernah Berharap Kepada Makhluk

Sahabat Dermawan, manusia adalah makhluk yang lemah. Tidak ada satupun manusia yang dapat menyebabkan suatu kemudharatan dan tidak ada  manusia yang bisa memberikan manfaat tanpa seizin Allah. Manusia juga tidak ada dapat memberikan perlindungan dan manfaat, hanya Allah yang dapat memberikan perlindungan dan manfaat. Meskipun terkadang melalui perantara manusia atas seizinNya.

Maka sangat tidak pantas bagi seorang makhluk untuk meminta perlindungan selain kepada Sang Khalik. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui” (QS. Al-Ankabut : 41).

Di dalam ayat tersebut mengajarkan kepada kita bahwa setiap ada  sesuatu maka hendaknya berharap hanya kepada Allah, jangan kepada manusia karena manusia tidak mempunyai kekuatan. Jika kita mengharap kepada manusia, kalau dia pergi maka akan ada rasa kecewa. Akan tetapi kalau kita hanya berharap pada Allah Ta’ala, Rabb tidak akan pernah pergi dari hambaNya yang mau berharap kepadaNya.

Jangan Pernah Berharap Kepada Makhluk

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Dan kepada Rabbmulah hendaknya kamu berharap” (QS. Al-Insyirah : 8). Dan di dalam ayat yang lain : “dan hanya kepada Allah hendakNya kamu bertawakal jika kamu bener-bener orang yang beriman” (QS. Al-Maidah : 23).

Sebagai manusia, maka sudah sepantasnya kita hanya berharap kepada Allah Ta’ala. Bila kita terlalu berharap pada pada makhlukNya, kita akan menemukan kekecewaan yang amat teramat mendalam. Makhluk pun memiliki berbagai kekurangan yang belum tentu bisa membantu serta menyelesaikan masalah kita kak.

Sebagaimana yang di katakan oleh Syaikh Fudhail bin Iyyadh rahimahullah berkata : “Demi Allah, seandainya engkau benar-benar putus asa dari makhluk hingga engkau tidak berharap sedikitpun dari mereka, niscaya Allah akan memberimu semua yang engkau inginkan.”

Baca Juga : Dengan Sedekah Memudahkan Segala Urusan

Sahabat, maka mulai saat ini jangan pernah berharap apapun dari makhluk. Karena sesungguhnya Allah lah yang tahu segala aktivitas kita, segala apapun keinginan dan apapun yang terbaik untuk kita. Orang tidak akan bisa membawa manfaat kecuali atas izin Allah Ta’ala, mau ngapain berharap-harap ke makhluk.

Yuk Kak, jangan pernah berharap kepada makhluk, karena akan ada muncul rasa kecewa ketika ia telah pergi.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top