News

Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

Kak, jangan pernah meremehkan orang lain. Sebab, dalam islam yang membedakan kemuliaan seseorang dengan yang lainnya adalah ketakwaannya. Allah berfirman : “…Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat : 13).

Dan ketakwaan seseorang hanyalah diketahui oleh Allah saja. Manusia tidak berhak untuk menilai manusia lain, dalam hal ketakwaan. Jadi jangan pernah meremehkan orang lain, dengan sebab apapun.

Nasihat Rasulullah pada Abu Jurayy bin Sulaim

Di kisahkan Rasulullah memberikan nasihatnya kepada Abu Jurayy Jabir bin Sulaim. Rasulullah bersabda : “Janganlah engkau menghina seorang pun. Dan janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau dengan berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.

Tinggikanlah sarungmu sampai pertengahan betis. Jika enggan, engkau bisa menurunkannya hingga mata kaki. Jauhilah memanjangkan kain sarung hingga melewati mata kaki. Penampilan seperti itu adalah tanda sombong dan Allah tidak menyukai kesombongan.

Jangan Pernah Meremehkan Orang Lain

Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.” (HR. Muslim).

Jangan berlaku sombong

Merendahkan orang lain merupakan bentuk dari kesombongan. Rasulullah bersabda : “Sombong adalah sikap menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim). Allah sangat membenci orang-orang yang sombong. Allah berfirman : “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman : 18).

Orang yang merendahkan orang lain disebut sebagai orang yang sombong. Sebab, dia membanggakan dirinya dan menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain. Begitu pula orang yang suka menilai buruk orang lain. Padahal belum tentu dirinya lebih baik dari orang tersebut.

Allah telah melarang kita untuk tidak merendahkan orang lain. Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al Hujurat: 11).

Balasan bagi orang yang sombong

  1.       Tidak akan masuk surga

Rasulullah bersabda : “Tidak akan mencium aroma surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” (HR. Muslim). Orang yang sombong itu bahkan tidak akan mencium aroma surga, apalagi masuk kedalamnya.

Baca Juga : Bermanfaat Bagi Orang Lain

  1.       Dimasukkan kedalam neraka Jahannam

Orang yang sombong dan merendahkan orang lain, akan ditempatkan bersama dengan iblis di neraka Jahannam. Sebab, iblis pun menyombongkan dirinya dan merendahkan Nabi Adam dengan menganggap Nabi Adam lebih buruk darinya karena diciptakan dari tanah, sedangkan dirinya diciptakan dari api.

  1.       Dirinya terhalang dari kebenaran

Azab yang paling mengerikan di dunia adalah kebodohan. Yaitu kebodohan yang tidak dapat membedakan kebenaran dan kebatilan. Kebodohan yang dapat menghalangi kebenaran untuk masuk kedalam dirinya, sehingga dirinya selalu jauh dari kebenaran. Dan orang-orang yang sombong merupakan orang yang bodoh yang tidak mau menerima kebenaran disebabkan kesombongannya. Maka Allah akan kunci hatinya, sehingga tidak akan ada kebenaran yang masuk kedalam hatinya.

Kak, jangan pernah merendahkan orang lain. Sebab, merendahkan orang lain pun sama sekali tidak ada manfaatnya. Malahan hanya terdapat berbagai macam keburukan yang akan menimpa kita. Semoga Allah melindungi hati kita dari sifat sombong. Aamiin

Share it on