Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Ragu Tunaikan Zakat

Jangan Ragu Tunaikan Zakat
                                       Jangan Ragu Tunaikan Zakat

Donasiberkah.id – Sahabat Dermawan, tak terasa kita sudah menerima uang gaji. Semoga uang yang kita dapatkan membawa kepada keberkahan. Akan tetapi  ada satu hal yang tidak boleh ketinggalan, yakni membayar zakat.  Sebagaimana Allah Ta’ala  berfirman : “Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintah kan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup” (QS. Maryam : 31).

Zakat Bukan Hanya Membersihkan Harta

Tujuan zakat bukan sekedar menunaikan kewajiban, lho. Akan tetapi juga untuk membersihkan harta dan mensucikan diri, dan berbagi kepada orang-orang yang berhak mendapatkannya dan orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga : Selamatkan Diri Kita di Akhirat Dengan Berzakat

Tak perlu takut miskin jika memberi kepada sesama. Sebab rezeki masing-masing hamba itu sudah diatur oleh Allah. Untuk berbagi itu tidak harus menunggu kaya atau punya segalanya dulu baru mau berbagi.

Bagaimana mungkin kita takut kekurangan, sementara Dia adalah pemberi segala. Bukankah Allah telah menjamin rezeki setiap hamba? Bukankah Allah telah berjanji melipat gandakan apa yang sudah kita berikan di jalan-Nya?

Jangan Takut Miskin

Berzakat tidak akan membuat kita menjadi miskin, justru dengan giat mengeluarkan zakat, kita akan merasa tidak ada beban lagi, memperluas rezeki kita, bahkan kita sudah membantu sesama yang membutuhkan. Lantas kepada siapa saja zakat disalurkan?

Baca Juga : Bayar Zakat Bisa Bikin Bahagia

Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Zakat memiliki ketentuan penerima yang diatur di dalam Al-Qur’an. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah : 60).

Jangan Ragu Tunaikan Zakat A
Jangan Ragu Tunaikan Zakat

Dengan begitu, kita mengetahui bahwa zakat yang kita tunaikan, akan disalurkan kepada fakir miskin, budak, mualaf, orang yang sedeng berjihad. Orang yang memiliki hutang dan butuh biaya untuk hidup, ibnu sabil (yang kehabisan biaya di perjalanan dalam rangka ketaatan kepada Allah), juga para pengurus-pengurus zakat (Amil).

Baca Juga : Zakat Mempererat Tali Persaudaraan

Yuk Tunaikan Zakat Sekarang

Nah Kak, jagan ragu untuk menunaikan zakat! Sebab zakat bukan hanya bermanfaat bagi para penerimanya. Namun juga untuk kita yang menunaikan. Dengan menunaikan zakat jiwa dan harta yang kita miliki akan menjadi bersih. Yuk tunaikan zakat di link kebaikan di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top