Griya Yatim & Dhuafa

Jangan Tunda Untuk Sedekah

Jangan Tunda Untuk Sedekah
                                                 Jangan Tunda Untuk Sedekah

Donasiberkah.id – Kak, sudahkah kita menunaikan sedekah hari ini? Sahabat jangan pernah sekali-kali menunda untuk melakukan amalan kebaikan apalagi amalan sedekah. Sebab di dalam Al-Qur’an menyebutkan angan-angan orang muslim yang suka menunda amal shalih di dunia sehingga datang kematiannya, namun seandainya diberi kesempatan untuk hidup kembali dirinya akan bersedekah dan menjadi orang shalih.

Baca Juga : Sedekah Melapangkan Jalan Menuju Surga

Penyesalan Orang Yang Menunda Amalan Sedekah

Allah Ta’ala berfirman : “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang Saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menganjurkan kepada umatnya untuk selalu menyegerakan amalan sedekah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan di dalam kehidupannya, Beliau tidak pernah membiarkan sebatang emasnya bermalam di kediamannya. Pada saat Rasulullah memiliki emas, maka Rasulullah langsung memberikan kepada yang orang yang membutuhkan.

Jangan Tunda Untuk Sedekah
             Jangan Tunda Untuk Sedekah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “segeralah kalian bersedekah, karena dikhawatirkan kelak akan terjadi seorang laki-laki pergi ke mana-mana membawa sedekahnya. Akan tetapi dijawab oleh orang yang hendak diberinya sedekah, ‘Kalaulah kemarin kamu datang, aku akan terima sedekahmu. Sekarang aku tidak butuh lagi terhadap sedekahmu itu.’ Akhirnya orang itu pun benar-benar tidak mendapat orang yang bersedia menerima sedekahnya itu.” (HR. Muslim).

Dari Abu Hurairah, ia berkata ada seseorang yang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia berkata, “Wahai Rasulullah sedekah mana yang lebih besar pahalanya? Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat, saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu berkata. “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.” (HR. Muttafaqun ‘alihi).

Baca Juga : Sedekah Bentuk Cinta Kita Terhadap Harta

Yuk Tunaikan Sekarang

Oleh sebab itu, selagi Allah memberikan kesempatan umur, maka bersegeralah dalam melaksanakan amalan baik tersebut. Yuk kak, mari perbanyak bersedekah. Karena sedekah menjadi salah satu sebab utama yang bisa menyelamatkan di akhirat. Yuk kak sedekah melalui link kebaikan dibawah ini :

Donasi Sekarang Griya yatim
                Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top