Griya Yatim & Dhuafa

Jauhilah Sifat Dengki

Jauhi Sifat Dengki
                                                    Jauhi Sifat Dengki

DonasiBerkah – Manusia pasti menginginkan amalan yang baik dan dapat di terima di sisi Allah Ta’ala. Pada hakikatnya tujuan Allah Ta’ala menciptakan manusia semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala serta melakukan amalan-amalan baik untuk bekal di akhirat kelak. Oleh karenanya jauhilah sifat-sifat yang dapat menghapus pahala. Inilah artikel tentang jauhi sifat dengki, yuk kita simak.

Harapan Manusia Atas Segala Amalan-nya

Besar harapan segala amalan yang telah di lakukannya menjadi bekal di akhirat namun apa jadinya jika amalan yang selama ini telah kita lakukan  ternyata di hapus oleh Allah Ta’ala atas akibat perbuatan dosa yang kita lakukan. Maka dari itu kita harus mengetahui apa saja perbuatan yang menyebabkan terhapusnya amal kebaikan ?  

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jauhilah sifat dengki, karena dengki dapat menghabiskan amal kebaikan, seperti api dapat menghabiskan kayu bakar” (HR. Abu Daud).

Jauhi Sifat Dengki
                     Jauhi Sifat Dengki

 

Sifat dengki ialah sifat yang timbul saat orang lain mendapatkan sesuatu yang lebih baik darinya, namun orang tersebut tidak dapat mengunggulinya. baik dari segi harta, prestasi, amalan atau lainya. Bahkan mengharapkan ataupun menginginkan orang lain yang menginginkannya itu agar kehilangan ataupun keburukan lainnya.

Allah Ta’ala Telah Melarang Hambanya Merasa Iri dan Dengki

Pada hakikatnya, Allah Ta’ala telah melarang hambanya merasa iri ataupun dengki apabila melihat kelebihan yang Allah Ta’ala berikan kepada hambanya. Bahwa orang lain yang lebih kaya, bahagia, dan lebih segalanya sudah menjadi ketetapan Allah Ta’ala atas hambanya. Sudah pasti Allah Ta’ala memberikan rezeki kepada hambanya sesuai porsi-nya.

Baca Juga : Selamatkan Imanmu Dari Sifat Tamak Akan Dunia

Kita seringkali iri terhadap apa yang di dapat oleh orang lain, iri hati disebabkan karena kita merasa tidak cukup, dan kurangnya rasa syukur. Buah dari iri hati melahirkan sifat dengki. Sifat dengki mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat depresi karena kebencian yang melahirkan gelisah dan kekacauan jiwa.

Manfaat menjauhi sifat Iri dan Dengki

Telah kita ketahui bahwa sifat iri dengki sangat merugikan khususnya untuk si pemilik sifat itu sendiri. Maka dari itu alangkah baiknya kita menjauhi sifat tersebut. Banyak hikmah yang kita dapati setelah menjauhi sifat iri dengki, salah satunya mendekatkan diri kita kepada Allah Ta’ala, Semoga kita semua di jauhkan oleh Allah Ta’ala dari sifat  dengki, karena sifat dengki ini dapat menghabiskan amal kebaikan. 

Baca Juga : Sifat Qana’ah Yang Harus Ditanamkan Dalam Hati

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui link : https://berbagi.link/griyayatim

English EN Indonesian ID
Scroll to Top