Griya Yatim & Dhuafa

Jum’at Berkah (Sempurnakan Dengan Sedekah)

Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Tidak hanya sebagai hari yang penuh dengan ibadah dan doa, Jumat juga dikenal sebagai hari yang penuh berkah. Dalam Islam, Jumat memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri yang membuatnya berbeda dari hari-hari lainnya.

Keutamaan Hari Jumat

  1. Hari Terbaik dalam Seminggu: Rasulullah SAW bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu dia dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim)
  2. Shalat Jumat: Shalat Jumat adalah ibadah yang sangat penting dan diwajibkan bagi setiap Muslim laki-laki yang sudah baligh dan tidak ada uzur syar’i. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli…” (QS. Al-Jumu’ah: 9).
  3. Waktu Mustajab untuk Berdoa: Ada satu waktu di hari Jumat di mana doa seorang hamba akan dikabulkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di hari Jumat terdapat suatu waktu, tidaklah seorang hamba Muslim bertepatan dengannya, dia meminta kebaikan kepada Allah kecuali Allah akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Amalan yang Dianjurkan di Hari Jumat

  1. Mandi Jumat: Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat shalat Jumat, memakai pakaian terbaik, dan memakai wewangian.
  2. Membaca Surah Al-Kahfi: Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan diberikan cahaya baginya di antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim)
  3. Memperbanyak Shalawat: Perbanyaklah mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat.
  4. Mendengarkan Khutbah dengan Khusyuk: Saat mengikuti shalat Jumat, mendengarkan khutbah dengan khusyuk dan tidak berbicara atau melakukan hal-hal yang mengganggu kekhusyukan sangat dianjurkan.
  5. Berdoa dan Berzikir: Manfaatkan waktu-waktu di hari Jumat untuk berdoa dan berzikir. Carilah waktu mustajab untuk memohon kepada Allah SWT.

Baca Juga : TUNAIKAN QURBANMU

Mengapa Jumat Disebut Jumat Berkah?

Hari Jumat disebut sebagai Jumat Berkah karena berbagai keutamaan dan keberkahan yang terkandung di dalamnya. Pada hari ini, Allah SWT melimpahkan banyak rahmat dan ampunan bagi hamba-hamba-Nya yang memperbanyak ibadah dan kebaikan. Banyak umat Islam yang menggunakan hari Jumat untuk memperbanyak sedekah, membantu sesama, dan melakukan berbagai amal shalih lainnya.

“Sebaik baik hari dimana matahari terbit disaat itu adalah hari Jum’at “. (HR. Muslim)

Yuk #SahabatDermawan Kunjungi dan Berbagi Kebaikan melalui : sedekatduajari.id Atau sahabat dermawan bisa juga berkunjung ke asrama terdekat untuk memberi senyum bahagia bagi adik-adik yatim & dhuafa

Kesimpulan

Hari Jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan. Manfaatkanlah hari ini dengan sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah, berbuat kebaikan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita semua bisa meraih keberkahan di hari yang mulia ini dan menjadi hamba yang lebih taat serta bermanfaat bagi sesama.

Selamat menjalankan ibadah di hari Jumat, semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan melimpahkan berkah-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Baca Juga : Tahan Lisan, Ada Saatnya Kita Harus Lebih Banyak Diam

English EN Indonesian ID
Scroll to Top