News

Kacang Hijau Sebagai Menu Berbuka Puasa

Terdapat 2 kebahagiaan yang didapat oleh orang yang berpuasa, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kegembiraan yaitu kegembiraan ketika dia berbuka dan kegembiraan ketika berjumpa dengan Rabbnya”. (HR. Muslim ). Oleh karena itu, untuk mewujudkan kegembiraan ketika kita berbuka puasa, kita harus menyiapkan menu takjil yang sehat dan enak. Yuk simak artikel Kacang Hijau Sebagai Menu Berbuka Puasa.

Menu untuk berbuka puasa itu tidak boleh sembarangan, karena makanan yang kita santap ketika berbuka puasa mempengaruhi kesehatan tubuh mengganggu aktifitas ibadah kita di malam hari. Misal, jika kita memakan sesuatu yang tidak baik maka akan menimbulkan gangguan pencernaan, jika pencernaan kita memburuk maka akan sulit untuk tetap khusyuk beribadah.

Kacang Ijo

Sahabat, kalau kamu lagi bingung buat bikin takjil sehat ala rumahan yang menyehatkan.Setelah seharian kita berpuasa dan mengeluarkan banyak energi dalam tubuh kita, sajian berbuka puasa dengan aneka ragam es dan makanan manis menjadi suatu yang kita inginkan. Dengan minuman dingin yang dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan makanan manis seperti kurma dan kacang hijau yang dapat memenuhi asupan gizi juga mengembalikan energi yang telah terkuras.

Makanan manis ketika berbuka puasa sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena ketika kita berpuasa cadangan glukosa yang ada pada tubuh kita berkurang. Makanan manis adalah makanan yang merupakan sumber kalori dan juga energi yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga kita mendapatkan energi untuk melanjutkan ibadah.

Baca Juga : Efek Kesehatan Bangun di Pagi Hari

Olahan kacang hijau merupakan menu berbuka puasa yang baik bagi tubuh, karena didalamnya terdapat banyak nutrisi yang dapat mengembalikan energi tubuh dan manfaat lainnya. Olahan nikmat dan sehat bersumber dari bubur kacang hijau, cocok buat kamu yang memiliki cita rasa tinggi terhadap kuliner dan perhatian terhadap kesehatan, pasalnya kacang hijau sangat efektif mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam tubuh karena kadar proteinnya yang tinggi.

Kacang hijau juga dapat bekerja secara baik dalam pemulihan pembuluh darah akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam kacang hijau menbantu daya tubuh mengurangi peradangan. Kadar asam amino yang cukup tinggi ditunjukkan juga oleh kacang hijau berkisar 20-24%, itu menjadikan kacang hijau sebagai sumber protein yang baik dari alam.

Untuk mengolah kacang hijau harus dengan bahan-bahan alami. Jangan berbuka puasa dengan bahan sintetis, seperti pemanis dan pewarna buatan. bahan tersebut tidak baik bagi tubuh. Kacang hijau bisa diolah menjadi bubur kacang hijau, es kacang hijau, dan olahan lainnya. Untuk mengolah kacang hijau tidaklah terlalu rumit.

Sangat dianjurkan untuk berbuka puasa dengan secukupnya. Jangan makan terlalu banyak ketika berbuka puasa, karena hal tersebut akan membuat tubuh kita malas untuk beribadah. Rasulullah berbuka puasa dengan 3 butir kurma dan minum air. Dengan demikian tubuh tetap akan tetap semangat dan tidak mengantuk ketika sholat tarawih.

Yuk sahabat, bisa dicoba nih tips takjil yang satu ini, untuk disajikan di meja makan sebagai menu berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Dengan menu  berbuka puasa yang sehat dan menyegarkan InsyaAllah akan membuat kita semangat untuk beribadah dan mampu untuk menghidupkan malam-malam terakhir bulan Ramadhan ini dengan berdoa dan beribadah. 

Share it on