News

Kamu Ingat Allah, Allah Ingat Kamu

Bulan Ramadhan adalah bulan yang menjadi sarana bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah. Di sisa-sisa bulan Ramadhan ini, kita harus lebih giat untuk beribadah dan mengingat Allah. Karena kita tidak tahu apakah akan disampaikan lagi umur kita pada bulan Ramadhan selanjutnya, ataukah ini menjadi Ramadhan yang terakhir bagi kita. Maka yuk kita simak artikel Kamu Ingat Allah, Allah Ingat Kamu. 

Meskipun Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pandemi wabah virus corona mengharuskan kita untuk melakukan aktivitas #DiRumahAja, pembatasan sosial membuat semua harus berjarak, dan himbauan untuk tidak mudik terus di ulang-ulang. Jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk lalai dari mengingat Allah.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang kita diwajibkan berpuasa atasnya, Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa “ (QS. Al-Baqarah : 183). Berpuasa adalah menjaga diri kita dari hal-hal yang yang dapat membatalkan puasa, dan juga menjaga hati dan pikiran hanya dalam mengingat Allah.

Kamu Ingat Allah, Allah Ingat Kamu

Dalam berpuasa kita juga menjaga diri kita tetap mengingat Allah setiap waktu akan menghindar kan diri kita dari berbagai macam keburukan. Kita juga harus mengingat tujuan Allah menciptakan kita hanyalah untuk beribadah kepada Allah, Allah berfirman : “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56)

Baca Juga : Kaidah Sabar dalam Diri Seorang Muslim

Ramadhan juga merupakan bulan latihan agar kita menjadi orang yang lebih bertakwadan lebih dekat pada Allah ketika kita meninggalkan bulan Ramadhan, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah, maka hendaknya memperhatikan bagaimana kedudukan Allah dalam hatinya. Sesungguhnya, Allah menempatkan (mendudukan) hamba-Nya, sebagaimana hamba itu mendudukkan Allah dalam jiwanya (hatinya).

Kita jangan sampai lupa untuk mengingat Allah, lupa untuk berzikir, dan mengabaikanNya. Setidaknya kita sempatkan untuk berzikir setiap setelah solat. Jika kita lupa maka Allah akan membuat kita lupa akan diri kita sendiri, Allah berfirman : ”…Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al Hasyr: 18-19).

Namun jika kita senantiasa mengingat Allah, maka Allah juga akan ingat kepada diri kita. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah : 152). Jika kita di Ingat oleh Allah, maka Allah senantiasa akan memberikan nikmatNya kepada kitadan megabulkan doa-doa kita.

Demi dalam rangka ikhtiar memutus penyebaran virus corona kita harus melakukan pembatasan sosial,menjaga jarak dan menahan diri untuk mudik pada saat ini. Sahabat, kami hendak mengajak, yuk selalu ingat Allah sesuai dengan firmanNya diatas tadi. Dimanapun kita saat ini berada, bagaimanapun juga kondisi ekonomi kita, tetap jangan sampai kita lalai dari mengingat-Nya.

Allah berfirman : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (surat al-Ra’ad ayat 28). Dengan banyak mengingat Allah, hati kita akan menjadi tenang. Ketika hati kita tenang, maka akan menambah ke khusukan kita dalam beribadah kepadanya.

Yuk Sahabat, jangan lupa untuk perbanyak zikir-zikir kita. Terutama jangan lupa untuk menghidupkan malam-malam terakhir di bulan Ramadhan ini dengan ibadah kepadaNya.

Share it on