Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Kapankah Mengucapkan Jazakallah Khairan ?

Griya Yatim Dhuafa
Kapankah Mengucapkan Jazakallah Khairan?
                                    Kapankah Mengucapkan Jazakallah Khairan?

Donasiberkah.orgJazakallah khairan’, para sahabat dermawan Griya Yatim dan Dhuafa, yang telah memberikan sebagian rezekinya kepada adik-adik Yatim dan dhuafa. Dan semua itu dapat terlaksana atas izin Allah, sehingga cita-cita mulia ini untuk memakmurkan para yatim & dhuafa dapat terlaksana. Allah Maha Baik yang telah mengirimkan orang-orang baik seperti sahabat dermawan. Dan sekali lagi maki ucapkan “Jazakallah khairan”. Dan tentunya para sahabat pun bertanya kenapa harus mengucapkan kalimat ini. Maka inilah artikel tentang kapan mengucapkan jazakallah khoiron. 

Baca Juga : Jumat Berkah, Yuk  Memberi Kebaikan Bagi Sesama

Kapan Kita Mengucapkan Jazakallah Khairan?

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan umat Islam untuk selalu berbuat kebaikan. Dan seseorang akan mengucapkan ‘Jazakallah Khairan’ ketika mendapat kebaikan yang biasa diucapkan seseorang ketika menerima kebaikan dari orang lain. Dan hal ini juga termasuk salah satu tanda bersyukur manusia kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia.” (HR. Abu Daud)

Kapankah Mengucapkan Jazakallah Khairan?
Kapankah Mengucapkan Jazakallah                                      Khairan?

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan. (artinya :Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan). Maka sungguh ia telah sangat menyanjung nya.” (HR.Tirmidzi no.2035 & An-Nasai no.180, Ath-Thabrani no.148)

Lantas apa balasan dari ucapan ‘Jazakallahu Khairan’? Tidak ada riwayat yang menjelaskan jawaban ‘Jazakallah Khairan’. Tetapi, beberapa ulama mengatakan untuk menjawab “Wa Jazakallahu khairan” Artinya: Dan semoga Allah membalas juga dengan kebaikan. Selain itu ada juga yang mengatakan dengan jawaban ‘Jazakallah Khairan’ adalah mengucapkan ‘Waiyyaka’ (untuk laki-laki), ‘Wa Iyyaki’ (untuk perempuan), dan ‘Waiyyakum’ (jamak) ‘dan kepadamu/kalian juga”. 

Baca Juga : Kenikmatan Memberi Sedekah 

Yuk, Jangan Lupa Untuk Selalu Bersyukur

Dan untuk adik-adik asrama Griya Yatim dan Dhuafa. Jangan lupa doakan kami juga yah sahabat, semoga kami tumbuh dewasa menjadi muslim-muslimah yang baik seperti sahabat dermawan. agar kelak kami juga bisa menjadi Sahabat Dermawan yang selalu memakmurkan adik-adik Yatim dan Dhuafa di masa depan. 

Dan bagi sahabat dermawan, yang ingin mendonasikan sebagian hartanya. Untuk berbagi kebahagiaan bersama para yatim & dhuafa bisa melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
              Donasi Sekarang Griya yatim
128 views
English EN Indonesian ID