Griya Yatim & Dhuafa

Keajaiban di Shubuh Hari Kisah Ali dan Orangtua

Donasiberkah.id- Shubuh telah tiba, adzan telah dikumandangkan oleh Bilal dari Masjid Nabawi, ada kaki yang melangkah, di tengah gelapnya shubuh, dengan tergesa-gesa Sayyidina Ali berangkat ke masjid, waktu sholat shubuh itu ia ingin berjamaah bersama Rasulullah ﷺ.

Namun ditengah jalan langkahnya terhambat oleh seorang lelaki tua yang berjalan tertatih-tatih dengan bantuan sebuah tongkat dan tangan kirinya memegang lentera sebagai penerang jalan.

Baca Juga: Kisah Abu Jahal yang Terpesona Dengan Al-Qur’an yang Dibacakan Nabi ﷺ

Untuk menghormati orang tua itu,dan sebagai sikap rendah diri,Sayyidina Ali tak ingin mendahului lelaki tua itu,maka ia berjalan dibelakangnya.Karena keadaan itu Sayyidina Ali menjadi terlambat datang berjama’ah di masjid.

 

Mosque Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Celakanya ternyata lelaki tua itu tidak sholat di masjid,karena ia orang Nasrani. Ketika Ali memasuki masjid, jama’ah sholat sedang ruku’, Rasulullah saat itu sengaja memanjangkan rukuknya dengan bacaan yang panjang, sehingga Ali dapat mengikutinya menjadi makmum.

Usai sholat Ali bertanya kepada Rasulullah:

”Ya Rasulullah,mengapa engkau memanjangkan ruku’mu, suatu hal yang belum pernah aku jumpai selama ini? ”.

Tata Cara Sholat Jumat Lengkap: Niat, Syarat, dan Keutamaannya

Rasulullah menjawab;

”Saat ruku’ dan membaca Subhana Rabbiyal ‘adzimi, sebagaimna biasanya aku akan berdiri tegak, sebelum kepalaku terangkat, Malaikat Jibril telah mendahului menekan punggungku, aku baru bisa mengangkat kepala dan berdiri tegak untuk membaca i’tidal.” jawab Rasulullah.

Mendengar penjelasan Rasulullah ﷺ kemudian Ali menceritakan kejadian dalam perjalanan menuju masjid yang baru saja dialami. Rupanya Allah telah memberi isyarat kepada Rasulullah agar  Ali bisa ikut berjama’ah sholat subuh bersama Rasulullah.

17 Old man walking ideas | old man walking, old men, render people

Ternyata bukan itu saja, riwayat yang luar biasa  Ali ini, diceritakan pada saat itu Malaikat Mika’il diperintahkan Allah untuk menahan lajunya matahari hanya agar Ali tidak ketinggalan sholat berjama’ah subuh di masjid bersama Rasulullah.

Maukah sahabat jadi bagian dari GYD (Generasi Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Yuk tunaikan zakat, inaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top