Griya Yatim & Dhuafa

Keberkahan Dalam Berzakat

Keberkahan Dalam Berzakat
                                         Keberkahan Dalam Berzakat

Donasiberkah.id – Apa iya zakat membawa keberkahan? Zakat adalah ibadah wajib bagi semua umat Islam dan termasuk ke dalam rukun Islam keempat. zakat artinya bersih, suci, berkah dan berkembang. Banyak Keberkahan yang kita dapatkan ketika kita menunaikan Zakat. Mereka yang menunaikan zakat akan senantiasa merasakan kebahagiaan di dunia dan juga di akhirat kelak.

Selain harta yang dimiliki menjadi berkah, Allah juga akan memberikan kehidupan yang berkah bagi keluarga. Keberkahan juga mendatang kan keberuntungan, kebahagiaan, kesehatan dan keselamatan. Sebagaimana yang ditegaskan dalam firman-Nya “Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersih kan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka“. (QS. At-Taubah :103)

Baca Juga : Bayar Zakat Bisa Bikin Bahagia

Pembuktian Keimanan

Selain berhubungan dengan Allah, ternyata zakat juga menjadi simbol hubungan yang baik antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya. Seseorang yang menunaikan zakat itu membuktikan bahwa ada iman di dalam hatinya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya beruntung lah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat,” (Qs. Al-Mu’minun : 1-4).

Mensyukuri Nikmat Harta

Berzakat adalah salah satu cara seorang hamba mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepadanya, karena dengan melaksana kan segala perintahnya diiringi dengan rasa syukur. Maka Insya Allah akan menambah keberkahan di dalam hartanya dan juga di dalam kehidupannya.

Keberkahan Dalam Berzakat
            Keberkahan Dalam Berzakat

Keberkahan di Dalam Harta dan Jiwa

Zakat merupakan cara yang terbaik untuk membersihkan jiwa dan juga harta, media ini sangat efektif untuk membersihkan setiap kesalahan-kesalahan manusia. Sebagaimana hadits  yang diriwayatkan Ahmad : “Dari Sahabat Jabir bin Abdillah ia berkata, telah bersabda kepada kami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sedekah itu bisa memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api.”

Keberkahannya Dapat Menjauhkan Dari Sifat Bakhil

Baik merupakan sebuah penyakit yang ada dapat menghilangkan keberkahan dan amalan-amalan kebaikan. Namun dengan kita menunaikan zakat, Insya Allah akan dijauhkan dari sifat tercela tersebut. “Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung,” (QS. Al-Hasyr : 9).

Baca Juga : Hilangkan Sifat Kikir Dengan Zakat

Yuk Zakat Sekarang 

Kak, itulah beberapa keberkahan dari zakat yang kita tunaikan, ternyata banyak sekali keberkahan yang akan kita rasakan. Setiap harta yang disisihkan dijalan Allah, pastinya akan diganti dengan yang lebih baik lagi. Yuk Kak, jangan lupa untuk berzakat, dengan mengklik link kebaikan di bawah ini:

English EN Indonesian ID
Scroll to Top