Griya Yatim & Dhuafa

Kebersamaan Dalam Murojaah Anak Asuh Medan

Abdullah Azzam

Donasiberkah – Sahabat, salah satu kegiatan anak-anak asuh di asrama Griya Yatim & Dhuafa adalah menghafal ayat suci Al-Qur’an. Oleh karenanya, murojaah sangat penting agar kita tidak mudah lupa.Murojaah sendiri maknanya adalah mengulang dan mengingat kembali apa yang telah kita hafal. Inilah Kebersamaan Dalam Murojaah Anak Asuh Medan.

Kegiatan Anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa

Kak, kehidupan di asrama tidak lepas dengan membaca, menghafal dan juga murojaah Al-Qur’an. Jadi Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting di dalam menjalankan kehidupan  sehari-hari di asrama Griya Yatim dan Dhuafa. 

Saat ini adik-adik kita, anak asuh Griya Yatim & Dhuafa sedang murojaah bersama di halaman depan asrama. Kegiatan murojaah ini dilakukan setiap hari yang terbagi dari dua kegiatan. Kegiatan tersebut di antaranya murojaah ayat Alquran, dan murojaah hadits yang ada di dalam Buku Generasi Islam.

Menurut pemaparan Kepala Asrama Medan, kegiatan murojaah dilakukan selepas magrib. Masing-masing kegiatan dalam satu pekan dibagi menjadi dua kegiatan. Pertama, sambung dia, anak-anak menghafal dan murojaah Al-Qur’an mereka. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan menghafal dan murojaah hadits-hadits Rasulullah.

Kegiatan murojaah ini, sambung Abi, untuk menguatkan hafalan ayat maupun Hadits anak asuh. Hal ini, dikarenakan setiap harinya anak asuh harus menghafal sejumlah ayat dan hadits. “Mungkin dalam menguatkan hafalan ayat dan hadits yang sebelumnya sudah dihafal,” tuturnya.

Ia menambahkan, anak asuhnya harus tetap disiplin dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Selain itu, kegiatan murojaah ini bisa terus berlanjut agar anak asuh tetap disiplin. “Harapannya semoga ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits yang sudah dihafal tidak hilang begitu saja, akan tetapi agar hafalan tersebut lebih kuat” tuntasnya.

Manfaat Murojaah Hafalan

Ketahuilah dengan menghafal dan murojaah Al-Qur’an dan hadits, ternyata  sangat baik dan bagus bila diterapkan kepada anak usia dini. Kegiatan dalam mengingat (murojaah) Al-Qur’an dan Hadits merupakan sebuah usaha yang sangat efektif dalam menjaga daya ingat hafalan mereka.

Yuk Bantu Hafidz Kecil

Terima kasih Kak, yang selalu merawat dan membahagiakan mereka. Yuk Kak, untuk mewujudkan cita-cita anak yatim dan dhuafa menjadi hafidz Qur’an yang baru, yuk kita dukung mereka dengan cara memfasilitasi kebutuhan hidup mereka. 

43 views