News

Kebersihan Pangkal Kesehatan

Kita memang dianjurkan untuk tetap dirumah saja dan menjaga jarak dari keramaian, tapi bukan berarti tidak ada aktifitas ya sahabat. Yuk kita gunakan waktu di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat.  Karena kebersihan pangkal kesehatan maka agar tetap produktif serta menjaga lingkungan tetap bersih anak asuh beraktifitas membersihkan asrama.

Selain kegiatan tersebut, kita juga harus mengisi waktu luang kita dengan hal yang bermanfaat juga. Jangan sampai kita menjadi golongan orang yang tertipu.

Rasulullah bersabda : : “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari). Banyak kegiatan sederhana untuk mengisi waktu kita ketika masa pandemi ini. Dari mulai belajar, berolahraga, berkreasi, dan juga bersih-bersih lingkungan rumah kita.

Seperti hadits yang di sebutkan di atas, kesehatan adalah nikmat Allah yang kebanyakan manusia tertipu, atau melalaikannya. Seharusnya ketika kita diberikan kesehatan oleh Allah, kita harus gunakan untuk hal-hal kebaikan. Jangan sampai kesehatan kita digunakan untuk bermaksiat. Dan hal yang paling penting ketika kita diberi nikmat sehat oleh Allah, kita harus menjaganya.

Kebersihan Pangkal Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah suatu hal yang wajib, karena itu merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat yang Allah telah berikan. Terutama ditengah-tengah pandemi ini, menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama. Kita dapat menjaga lingkungan kita tetap sehat dengan menjaga kebersihannya.

Jadi jangan malas untuk bersih-bersih. Seperti adik-adik anak asuh Griya Yatim & Dhuafa cabang Cibubur ini sahabat, mereka mengisi waktu dengan kegiatan bersih-bersih, karena menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman.

Sahabat dermawan, kebersihan itu pangkal kesehatan. Apabila kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan, Insya Allah kita tidak akan mudah sakit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga menerapkan kebersihan. Beliau senang berwudhu, bersiwak, memakai wewangian, menggunting kuku dan membersihkan lingkungannya. Sebagaimana sabdanya : “Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala itu bersih, Dia cinta kebersihan.” (HR. Tirmidzi).

Dengan menjaga kebersihan diri kita dan juga lingkungan, kita dapat beraktifitas dengan lebih nyaman. Terutama dalam hal beribadah. Dibulan Ramadhan ini, menjaga sekeliling kita tetap bersih dapat membuat kita makin semangat untuk beribadah kepada Allah. Sebab, keadaan ruangan yang kotor dan berantakan akan menyebabkan diri kita menjadi malas untuk beraktifitas.

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona 

Sifat malas inilah yang harus kita hindari. Bermalas-malasan adalah ajakan setan, Maka orang yang bermalas-malasan adalah temannya setan. Untuk menghindari hal ini, bisa kita lakukan dengan menjaga kebersihan.

Yuk sahabat, Kita selalu jaga kebersihan agar kita terhindar dari segala penyakit dan juga rasa malas.

Share it on