Griya Yatim & Dhuafa

English EN Indonesian ID

Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Asrama Surabaya

Griya Yatim Dhuafa

Donasiberkah.id– Apa yang Abi-Ummi rasakan saat melihat gambar adik-adik kita yang tengah menghafal Al-Qur’an? Apa yang Abi-Ummi rasakan ketika kita memiliki anak yang seorang penghafal Al-Qur’an, MasyaAllah itu merupakan kesenangan yang luar biasa yang didambakan setiap orangtua muslim.

Ini adalah kegiatan meng hafal Al-Qur’an di Asrama Surabaya yang tentunya di asrama-asrama lainnya. Abi dan Ummi Asrama senantiasa membimbing dan mengarahkan mereka untuk mencintai Al-Qur’an, mulai dari membaca, menulis, memahami hingga menghafal Al-Qur’an.

Yuk Sahabat, kita didik anak-anak kita agar mencintai Al-Qur’an, berikut cara mengajarkan anak agar mencintai Al-Qur’an sejak dini. Karena lebih mudah mengajarkan anak cinta Al-Qur’an sejak dini sebelum beranjak dewasa. Karena mendidik mereka untuk mencintai Al-Qur’an adalah kewajiban kita sebagai orangtua.

Berikut kiat-kiat pendidikan agar anak bisa mencintai Al-Qur’an.

1. Memperdengarkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak

 

Mendengarkan Al Qur'an dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi | RIZKI ABDILLAH

Cara mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini yang pertama adalah mendengarkan Alquran pada saat anak masih kecil.

Abi dan ummi bisa memperdengarkan Alquran baik di rumah ataupun di mobil. Hal itu agar telinga anak menjadi akrab dengan pelafalannya. Abi dan Ummi juga bisa mendengarkan ayat suci Alquran untuk jadi penghantar tidur anak. Intinya akrabi anak dengan Alqur’an setiap saat.

Karena indra yang paling dominan pada anak adalah pendengaran, manusia bisa belajar bahasa dari mendengar, maka begitupun saat kita ingin membentuk anak yang Qur’ani adalah dengan sering memperdengarkan mereka ayat-ayat Al-Qur’an.

2. Beri alasan kenapa kita harus mencintai Al-Qur’an

Meneruskan bacaan Al-Qur'an atau Mendengarkan azan? | Bincang Syariah

Ketika anak berusia lebih besar, sangat baik untuk memiliki alasan kuat kenapa kita harus mengajarkan anak agar mencintai Al-Qur’an sejak dini. Baik dengan cara membaca, memahami, maupun mengamalkannya.

Penting juga untuk memastikan anak-anak sadar akan manfaat membaca Al-Qur’an karena mereka akan lebih fokus dengan konten dan menikmati pelajarannya.

Satu pendekatan yang mungkin ingin Abi dan ummi coba adalah dengan memberi tahu pada anak-anak bahwa membaca Al-Qur’an dapat memberi mereka kekuatan khusus seperti iman kepada Allah SWT, seperti halnya seorang pahlawan super.

3. Ceritakan kisah dalam Al-Qur’an kepada anak

Bunda, Ini 5 Cara Mudah Ajarkan Anak Baca Alquran - PortalMadura.com

Secara alami, anak-anak suka mendengar cerita. Ada sejumlah kisah yang disebutkan dalam Alquran dan biasanya suka dipakai untuk acara mendongeng cerita Islam. Anak-anak dapat mengukir cinta pada Alquran dengan mendengarkan kisah-kisah tersebut, seperti kisah para Nabi, orang-orang shalih agar bisa ditiru, juga kisahkan kepada mereka sosok yang durhaka kepada Allah seperti Fir’aun, Qorun, Namruz atau Iblis agar anak tidak menirunya.

Di samping itu, anak-anak juga dapat berhubungan dengan ayat-ayat yang berbicara tentang alam semesta dan tanda-tanda di dalamnya, seperti matahari, bulan, dan lain-lain.

Cara mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini, lainnya adalah dengan mengajak mereka ke acara-acara Islam yang pastinya bersinggungan dengan Alquran. Contohnya, perlombaan musabaqoh tilawatol-Qur’an, Hafiz anak-anak dan lain sebagainya.

4. Membacakan surah pendek di depan anak agar ditiru

Mana yang Lebih Utama, Membaca Al-Qur'an dengan Suara Keras atau Pelan? - Islami[dot]co

Abi-ummi bisa membacakan surah pendek lebih dulu dihadapan anak. Semakin sering membacanya, anak akan familiar dan mulai coba mengikuti. Karena pada dasarnya, anak suka meniru tingkah laku orangtua.

Ummi bisa membaca surah pendek sambil beraktivitas lain bersama anak.

5. Memiliki waktu Alquran untuk keluarga

Mari Ciptakan Keluarga Pecinta Al-Qur'an Mulai Dari Sekarang

Salah satu praktik paling efektif untuk mengajarkan anak cinta Alquran sejak dini adalah waktu Alquran untuk keluarga. Waktu di mana seluruh anggota keluarga inti membaca dan mempelajari Quran. Ini mendidik yang menyenangkan karena seluruh keluarga terlibat.

Buat waktu harian atau mingguan untuk bergantian membaca Alquran sambil Abi-Ummi mengoreksi kesalahan anak. Selain itu ajarkan bagaimana Alquran dapat diterapkan dalam hidup kalian.

Ayat-ayat yang dipilih untuk anak-anak lebih kecil tentu saja berbeda dengan remaja. Waktu keluarga ini juga dapat dilakukan oleh anak-anak jika usianya sudah lebih besar. Ajarkan juga tajwid dan tafsir untuk kelancaran membaca dan pemahaman isi Alquran.

6. Memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup untuk melepas stres

9 Tips Memilih Permainan untuk Anak Menurut Islam - SEKOLAH PRESTASI GLOBAL

Untuk mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini tanpa tertekan, pastikan anak-anak memiliki waktu bermain dan kesenangan yang cukup. Biarkan anak-anak bermain dengan mainannya atau mengajaknya liburan.

Anak tidak akan merasa selalu diburu dengan Alquran sehingga stres pun terlepas.

Yuk, mulai ajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini untuk memetik hasilnya saat dewasa nanti.

Demikianlah kiat-kiat agar anak dapat mencintai Al-Qur’an, semoga Allah menjadikan keluarga kita sebagai keluarga yang mencintai Al-Qur’an dan kelak mendapatkan syafaat Al-Qur’an. Aamiin

Sahabat dermawan, yuk ikut andil dalam mensejahterakan anak-anak yatim yang menghafalkan Al-Qur’an dengan berdonasi di link gambar di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 views
English EN Indonesian ID