News

Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak

Sahabat dermawan, imunitas atau sistem imun berperan penting dalam menjaga si kecil dari serangan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Pandemi virus corona membuat banyak orang khawatir. Bukan hanya menyerang orang dewasa, virus corona juga menyerang anak-anak. Yuk simak Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak.

Sangat penting bagi orangtua menjaga imunitas atau daya tahan tubuh anak untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit, termasuk pandemi virus corona. Selain tinggal di rumah dan rajin mencuci tangan sebagai bagian dari tindakan pencegahan pandemi virus corona.

Apabila imunitas lemah, anak akan mengalami berbagai macam penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas anak adalah dengan asupan nutrisi dari makanan. Namun, terkadang nutrisi dari makanan saja belum cukup, kita perlu mendorong anak untuk mau melakukan hal berikut yang bermanfaat bagi sistem imun.

Ada 4 hal lain yang disarankan para ahli untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Inilah Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak, diantaranya :

Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak

  1. Ajak anak berolahraga atau aktif bergerak. 

Seperti yang dilansir dari laman Medlineplus.gov, aktif bergerak dapat membantu anak mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga tulang agar tetap sehat serta kuat.

Baca Juga : Anak Asuh Produktif Lakukan Olahraga Pagi

Beberapa teori pun mengatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan imunitas anak dalam melawan jenis penyakit tertentu. Salah satunya adalah olahraga atau aktivitas fisik menyebabkan perubahan pada antibodi dan sel darah putih anak.⠀

  1. Mendidik kebiasaan tidur yang baik.

Dokter anak dari Cleveland Clinic menyampaikan bahwa untuk mendorong imunitas, anak perlu mendapat waktu tidur yang cukup.⠀Kurang tidur atau terlalu letih dapat menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko seseorang, termasuk anak-anak untuk terkena penyakit.

Anak-anak yang kurang tidur biasanya akan mudah terserang influenza atau infeksi lainnya. Oleh sebab itu, anak-anak pun dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat sesuai porsinya jika ingin tetap sehat.

  1. Tertawa bersama yang tidak berlebihan.

Dilansir dari Verywellfamily.com, penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan fungsi imunitas dengan cara menambah produksi sel antibodi dan membuatnya lebih efektif menjaga tubuh, termasuk pada anak. Ditambah lagi, tertawa telah terbukti dapat menurunkan hormon stres karena meningkatkan hormon bahagia, seperti endorfin.⠀

  1. Selalu mengajarkan kebersihan kepada anak

Pada saat pandemi ini, tentu kita sangat perlu mengajarkan pentingnya kebersihan kepada anak. sumber penyakit biasa ada ditempat yang kotor, maka dari pada itu kita harus sering membersihkan rumah dan selalu cuci tangan ya.

Baca Juga : Inilah Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Wabah Virus Corona

Kak, Itulah Kegiatan Yang Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas Anak. Yuk kita terapkan kegiatan tersebut, Insya Allah bisa bantu tingkatkan imunitas kepada anak, dan semoga dengan beberapa tips di atas anak-anak kita dapat terjaga tumbuh kembangnya, dan imunitas tubuhnya selalu dalam keadaan baik. Aamiin⠀

Share it on