Griya Yatim & Dhuafa

Keistimewaan Sedekah di Hari Jum’at

Donasiberkah.id – Alhamdulillah Kak, Allah masih memberikan kesempatan kepada kita, sehingga kita masih diberikan kehidupan kembali. Tiada lain, tujuan Allah memberikan kesempatan hidup, yakni untuk beribadah kepadaNya serta memperbaiki dan mempersiapkan amalan untuk bekal akhirat. Tidak terasa sudah bertemu Jum’at kembali. Yuk Kak, kita isi hari Jum’at ini dengan rangkaian amalan yang terbaik, salah satunya dengan bersedekah agar hari jum’at ini lebih indah dan berkah. Inilah Keistimewaan Sedekah di Hari Jum’at yang perlu kamu ketahui, yuk simak artikel ini.

Jum’at Adalah Hari Yang Istimewa

Ketahui lah bahwa hari jum’at merupakan hari yang sangat istimewa dalam sepekan. Pada hari jum’at Allah banyak sekali memberikan (mendatang kan) kebaikan-kebaikan, rahmat dan kasih sayang kepada makhluknya. Hari jum’at juga,merupakan hari yang penuh kebaikan dan keberkahan. Pada hari ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada umatnya untuk memperbanyak amal kebaikan.

Baca Juga : Manfaat sedekah untuk menggapai akhirat

Amala-amalan shalih yang dilakukan pada hari ini akan di lipat gandakan. Dari banyaknya amalan yang di perintahkan oleh Rasulullah salah satunya adalah memperbanyak sedekah. Kak, sedekah merupakan salah satu amalan yang memberatkan manusia di padang mahsyar. Walaupun harta yang kita keluarkan tidak banyak insya Allah. Pastinya Allah akan membalas bagi mereka yang sudah bersedekah. Allah sangat mencintai orang yang bersedekah sedikit akan tetapi rutin daripada banyak, namun tidak kontinyu.

Sedekah Di Hari Jum’at Memiliki Keistimewaan

“Dan di hari Jum’at pahala bersedekah dilipat gandakan.” ( Imam Asy-Syafi’i). Sedekah di hari Jum’at memiliki banyak sekali keutamaan diibaratkan seperti bersedekah di bulan Ramadhan. Sebagaimana Ibnu Qayyim berkata : ,”Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan di bandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya..” Dan pada hari itu juga Allah melipat gandakan pahala orang-orang yang mau melakukan sedekah.

Sungguh istimewa sedekah di hari Jum’at. Oleh karena itu jangan sampai kita lupa dengan sedekah pada hari ini, karena dengan kita bersedekah merupakan rasa syukur kita atas nikmat yang Allah berikan.Banyak sekali keutamaan sedekah, salah satunya, sedekah dapat  menggugurkan dosa-dosa. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga : Jadikan Hari Jum’at Lebih Berkah Dengan Sedekah 

“Sungguh, sedekah dapat meredah panasnya kubur orang yang bersedekah dan orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat dengan payungan sedekahnya.” (HR. Thabrani).

Dan sedekah yang kita keluarkan untuk membantu (meringankan) beban para anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan, karena beban kehidupan yang mereka alami.

Yuk Tunaikan Sedekah Di Hari Jum’at

Yuk Kak, jangan sampai kita lewatkan hari jum’at ini dengan rangkaian amalan-amalan yang terbaik, salah satunyamemeper banyak bersedekah. Sebab dengan sedekah yang Kakak keluarkan dapat mewujudkan kehidupan para anak yatim dan dhuafa lebih baik.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top