Griya Yatim & Dhuafa

Kekalkan Harta Dengan Bersedekah

Sahabat Dermawan, mungkin kita sering mendengar pepatah “Harta tidak bisa dibawa mati”. Pepatah ini terkadang disalah artikan dengan artian bahwa kita tidak perlu memiliki harta, karena seakan-akan harta itu sama sekali tidak ada manfaatnya setelah kita meninggal. Kebanyakan orang mengambil kesimpulan bahwa tidak perlu kaya asalkan masuk surga. Tapi, benarkah seperti itu?⁣ Bagaimanacara Kekalkan Harta Dengan Bersedekah, yuk kita simak artikel berikut ini.

Kak, kehidupan ini tidaklah kekal selamanya karena  setiap yang bernyawa pastinya akan  mengalami kematian, jika seandainya seseorang yang telah meninggal dunia masih diberikan kesempatan untuk hidup lagi, apakah kiranya amal shalih yang akan di lakukannya?

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu : lalu dia berkata (menyesali) “Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang Saleh” (QS Al-Munafiqun : 11).

Mengapa bersedekah?⁣

Kekalkan Harta Dengan Bersedekah

Mengapa harus bersedekah? Padahal banyak amal Sh lainnya, padahal banyak sekali amalan yang tak kalah dahsyat pahalanya. Sebut saja shalat sunah, baca Al-Quran, berpuasa, berdzikir, berjihad. Mengapa memilih amal saleh sedekah dari sekian banyak amal-amal Saleh yang ada? karena bersedekah merupakan amal jariyah, yang pahalanya akan terus mengalir meskipun ia sudah meninggal.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila manusia telah meninggal maka amalannya terputus kecuali karena tinggal hal, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh yang mendoakan orang tuanya” (HR. Muslim, Ahmad dan Abu Daud).                              

Seseorang yang meninggal dunia ia akan melihat dosanya, akan tetapi sedekahlah salah satunya yang dapat menghapuskan dosanya tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Turmudzi, Ahmad, al-Baihaqi, An-Nasa`i).

Ketika orang yang akan meninggal dunia dalam menghadapi hebatnya sakaratul maut, sedekah juga dapat melapangkan dadanya. Sehingga ia dapat melepaskan nyawanya dengan khusnul khatimah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk.” (HR Turmudzi, Ibnu Hibban, dan Tirmidzi).

Baca Juga : Dengan Sedekah Memudahkan Segala Urusan

Demikian juga, ketika seorang yang meninggal melihat api neraka yang siap menerkamnya, ia melihat amalan sedekah bisa menyelamatkannya dari api neraka. Inilah yang dipesankan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada istrinya Aisyah, “Wahai Aisyah, berlindunglah dari siksa api neraka walau dengan sebutir kurma.” (HR Ahmad, al-Bazzar, dan Ibnu Khuzaimah).

Intinya, sedekah merupakan amalan yang sangat praktis, mudah, serta amalan yang akan  menyelamat seseorang di akhirat kelak. Bersedekah tidaklah begitu sulit, tidak menyita waktu, dan tidak menguras keringat. Sedekah bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.Sayangnya, selama di dunia banyak manusia yang enggan untuk  bersedekah. Mereka terlalu sayang dengan harta, walau mereka yakin harta tersebut tak akan bisa dibawa mati.

Ketika maut menjelang, harta berpindah tangan kepada orang lain. Ia baru akan merasakan, betapa meruginya selama di dunia menjadi orang yang kikir bersedekah.Tahukah kak, sebenarnya harta itu bisa kita kekalkan. yakni dengan cara menginfakkan nya di jalan Allah Ta’ala ataupun bersedekah. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, “Apa saja yang ada di sisimu akan habis, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal,” (QS. An-Nahl : 96).

Maka dari itu, Yuk kak Kekalkan Harta Dengan Bersedekah yang kita miliki. Sebab yang demikian adalah amal shalih di sisi Allah Ta’ala.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top