News

Kenali Penyebab Sering Lupa

Mungkin kita sering lupa di mana menaruh kunci, membawa dompet atau meletakkan handphone. Siapa pun pasti pernah mengalami lupa, hal ini kerap kita alami ketika kelelahan, banyak pekerjaan, atau terlalu asyik melakukan hal lain. Maka dari pada itu kita harus bisa Kenali Penyebab Sering Lupa, agar kita dapat mengantisipasi nya ya.

Sering lupa tidak selalu menjadi bagian dari penuaan. Usia muda dan orang sehat pun dapat sering lupa, mulai dari hal-hal kecil hingga besar. Sering lupa bisa menjadi hal yang sangat mengganggu ketika bekerja. Oleh karena itu, kita harus kenalin penyebab sering lupa dan mengatasinya.

Di bawah ini adalah beberapa kondisi yang dapat membuat orang sering lupa :

Kurang tidur

Kurang tidur berefek langsung pada kinerja otak. Otak juga butuh waktu yang cukup untuk beristirahat, kurang tidur menyebabkan otak kelelahan. Kondisi ini dapat memicu kecemasan dan menyebabkan perubahan mood sekaligus menurunkan kemampuan berkonsentrasi. Sehingga menjadi salah satu penyebab utama sering lupa.

Kekurangan vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 juga bisa menjadi penyebab sering lupa karena vitamin ini berperan penting dalam menjaga sel saraf, termasuk yang berada di otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kondisi kekurangan vitamin B12 berhubungan dengan berkurangnya kemampuan mengingat seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berat dikatakan dapat menyebabkan amnesia.

Kenali Penyebab Sering Lupa

Pada umumnya vitamin B12 terdapat pada setiap buah-buahan, meskipun kadarnya tidak banyak. Namun, mengkonsumsi buah apapun setiap hari dapat mencegah sering lupa yang tidak wajar.

Gangguan emosi

Gangguan emosi seperti kecemasan, depresi, atau stres dapat membuatmu sulit menerima informasi serta tidak mampu berkonsentrasi, sehingga menyebabkan sering lupa. Emosi yang tidak stabil dapat dikarenakan kurang istirahat dan refreshing. Sangat disarankan untuk menyempatkan diri berolahraga, untuk menurunkan tingkat stress.

Kondisi medis tertentu

Beberapa penyakit seperti tumor dan infeksi otak, penyumbatan pembuluh darah, serta cedera kepala, dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam menerima, menyimpan dan mengolah informasi. Kondisi-kondisi yang seperti itu juga dapat menyebabkan amnesia atau Short Memory Syndrome yang mungkin disebabkan kerusakan pada otak.

Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan menyebabkan dehidrasi. Bagian tubuh yang sangat membutuhkan cairan adalah ginjal dan juga otak. Dehidrasi inilah yang dapat menyebabkan hilang fokus, kelelahan, sering lupa, dan mengantuk. Oleh sebab itu, pastikan untuk minum air putih lebih dari 8 gelas sehari, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Sering Merokok

Kebiasaan merokok juga menjadi sebab rusaknya memori pada otak. Sebab otak sangat memerlukan oksigen. Karena kebiasaan merokok inilah, asupan oksigen yang diterima oleh otak jadi berkurang. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok lebih sulit mengingat nama daripada orang yang tidak merokok. Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda untuk merokok.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Bantu Mengatasi Insomnia

Permasalahan lupa ini merupakan hal yang wajar. Setiap manusia pasti pernah lupa akan sesuatu. Bahkan Rasulullah pun pernah lupa. Rasulullah bersabda : ”Sesungguhnya aku hanyalah manusia. Aku dapat lupa, sebagaimana kamu semua dapat lupa. Maka jika aku lupa, ingatkanlah aku.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tapi ingat ya, Kak. Jika gejala sering lupa ini sudah lewat batas wajar atau sudah benar-benar menjadi masalah. Cepat-cepat periksa ke dokter agar kita dapat mengetahui penyebabnya.

Jadi Kak, penting sekali untuk kita memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh bukan hanya dari Kenali Penyebab Sering Lupa. Jika tubuh sehat, kita pun bisa untuk lebih produktif.

Share it on