Griya Yatim & Dhuafa

Kenapa Harus Bayar Zakat?

Donasiberkah.id – Kak, zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus segera kita tunaikan dari harta kita. Allah berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.” (QS. Al-Baqarah: 267). Zakat merupakan salah satu syari’at yang telah ada pada zaman Nabi-nabi terdahulu. Nah zakat sendiri termasuk salah satu rukun islam. Itulah alasan kenapa harus bayar zakat ? Yuk kita simak supaya makin paham ya.

Zakat Yang Kita Berikan Untuk Siapa?

Kak, ketahuilah bahwa setiap zakat yang kita keluarkan akan diberikan kepada mereka yang berhak untuk menerimanya. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman : “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan budak), orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah: 60).

Nah Kak, dari ayat tersebut diketahui ada delapan golongan yang berhak untuk mendapatkan zakat. Nah, delapan golongan tersebut adalah:

  • Fakir

Fakir adalah orang atau golongan yang tak memiliki harta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Sekalipun ada, harta yang mereka miliki tak mencapai setengah dari kebutuhan sehari-harinya.

  • Miskin

Sedangkan orang yang miskin ini bisa dikatakan lebih baik dibandingkan orang fakir. Mereka punya sedikit harta, dalam memenuhi  kebutuhan sehari-hari mereka. Akan tetapi, golongan ini hanya mampu memenuhi setengah atau lebih dari kebutuhannya sehari-hari.

  • Amil zakat

Secara khusus amil merupakan pengurus yang mengelola dan juga menyalurkan dalam pembagian zakat.

Kenapa Harus Bayar Zakat?
                                                Kenapa Harus Bayar Zakat?
  • Mualaf

Mualaf merupakan orang yang baru masuk Islam (baru bersyahadat) dan kondisi imannya masih  lemah. Mereka berhak untuk mendapatkan dari zakat.

  • Budak

Golongan ini adalah budak yang dikenal pada masa Rasulullah, nah pada zaman itu banyak budak yang berkeinginan untuk merdeka dari penguasaan tuannya dan sedang melakukan pembayaran secara berjangka.

  •  Gharim

Gharim merupakan kelompok orang yang dipenuhi dengan utang, termasuk diantaranya adalah orang yang berhutang demi kebutuhan pribadi atau utang yang disebabkan karena usaha untuk mendamaikan orang lain. Orang yang berhutang berhak untuk menerima zakat, akan tetapi dalam berhutang tidak melanggar hukum Allah.

  •  Fi Sabilillah

Fi sabilillah adalah kelompok orang yang menghabiskan waktunya untuk berjuang di jalan Allah Ta’ala.

  • Ibnu sabil

Kak, yang dimaksud dengan Ibnu sabil yakni orang yang sedang melakukan sebuah perjalanan (berpergian), yang dimana di dalam perjalanan mereka kehabisan perbekalannya. Tapi ingat bukan yang menderita dalam perjalanan dengan tujuan bermaksiat kepada Allah.

Baca juga : Yuk Ketahuilah 8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat 

Kak, inilah 8 golongan yang berhak untuk menerima zakat penghasilan yang kita keluarkan. Semoga dengan apa yang kita baca menambah dalam wawasan serta ilmu kita. Yuk tunaikan zakat penghasilan. Semoga Allah Ridha atas apa yang kita keluarkan dan menggantinya dengan balasan yang terbaik. Aamiin.

Apa Saja Manfaat Ketika Kita Menunaikan Zakat ?

  1. Akan Memberikan Ketentraman Di Dalam Hidup

Kak, Zakat merupakan salah satu cara untuk membersihkan harta dan juga jiwa. Dengan begitu Allah akan mendatangkan keberkahan dan juga ketentraman di dalam kehidupan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS At-Taubah ayat 103).

  1. Menjauhkan Dari Sifat Kikir & Bakhil

Kak, mengenai perihal berzakat, orang yang menunaikan zakat, Insya Allah  mampu menghindari tumbuhnya dari sifat yang buruk yakni sifat kikir dan Bakhil pada dirinya. Karena, sifat ini merupakan sifat yang sangat di cintai setan dan di murkai oleh Allah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir). Sedang Allah menjadikan untukmu ampunan dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunianya) Lagi maha mengetahui” (QS Al-Baqarah : 268).

Baca Juga : Yuk Jangan Abaikan Zakat Karena Ada Keajaiban di Dalamnya

Dan Zakat adalah sebab keberkahan dalam harta kita. Jika tidak kita tunaikan zakat yang di wajibkan atas kita, maka tidak ada keberkahan dalam harta yang kita miliki. Itulah mengapa kita harus menunaikan zakat.

Yuk Tunaikan Zakat Sekarang!

Itulah mengapa kita harus menunaikan zakat. Yuk Kak, tunaikan zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, Insya Allah akan membawa keberkahan baik yang memberi maupun yang menerima zakat tersebut. Semoga setiap zakat yang kakak keluarkan membawa keberkahan di dalam harta dan juga kehidupannya. Aamiin. Jadi inilah kenapa kita harus bayar zakat, yuk kita tunaikan.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top