Griya Yatim & Dhuafa

Kenapa Kita Harus Membayar Zakat ?

Kenapa Kita Harus Membayar Zakat?
                              Kenapa Kita Harus Membayar Zakat?

Donasiberkah.id – Kak, zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh agama dan disalurkan kepada orang-orang yang telah ditentukan pula. Ada delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana tercantum di dalam Al Quran. Inilah artikel tentang kenapa kita harus membayar zakat?, yuk kita simak.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang di lunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha bijaksana” (QS. At- Taubah : 60).

Baca Juga : Yuk Selesaikan Masalah dengan Berzakat

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang sudah seharusnya kita tunaikan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik.” (QS. Al-Baqarah: 267). Zakat merupakan salah satu syari’at Allah yang sudah ada pada zaman dahulu.

Menurut istilah fiqih, zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kekayaan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada orang yang berhak menerimanya dengan aturan-aturan yang telah ditentukan dalam syarat. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan baik di dunia maupun di akhirat. Apa Saja Manfaat Ketika Kita Menunaikan Zakat ?

Kenapa Kita Harus Membayar Zakat?
      Kenapa Kita Harus Membayar Zakat?

Akan Memberikan Ketentraman Di Dalam Hidup

Kak, Zakat merupakan salah satu cara untuk membersih kan harta dan juga jiwa. Dengan begitu Allah akan mendatang kan keberkahan dan juga ketentraman di dalam kehidupan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersih kan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS At-Taubah ayat 103).

 Menjauhkan Dari Sifat Kikir & Bakhil

Kak, mengenai perihal berzakat, orang yang menunaikan zakat, Insya Allah  mampu menghindari tumbuhnya dari sifat yang buruk yakni sifat kikir dan Bakhil pada dirinya. Karena, sifat ini merupakan sifat yang sangat di cintai setan dan di murkai oleh Allah. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “ Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir). Sedang Allah menjadikan untukmu ampunan dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunianya) Lagi maha mengetahui” (QS Al-Baqarah : 268).

Dan Zakat adalah sebab keberkahan dalam harta kita. Jika tidak kita tunaikan zakat yang di wajibkan atas kita, maka tidak ada keberkahan dalam harta yang kita miliki. Itulah mengapa kita harus menunaikan zakat.

Baca Juga : Zakat Sebagai Tanda Syukur

Yuk Tunaikan Zakat Sekarang!

Itulah mengapa kita harus menunaikan zakat. Yuk Kak, tunaikan zakat di Laznas Griya Yatim & Dhuafa, Insya Allah akan membawa keberkahan baik yang memberi maupun yang menerima zakat tersebut. Semoga setiap zakat yang kakak keluarkan membawa keberkahan di dalam harta dan juga kehidupannya. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top