Griya Yatim & Dhuafa

Kenikmatan Memberi Sedekah

meraih keberkahan hidup dengan bersedekah adalah kebutuhan kita sebagai hamba Allah didalam kehidupan ini. Oleh karena itu, lakukanlah sedekah baik di saat lapang maupun sempit, agar apa yang telah Allah janjikan bisa terealisasi baik di dunia maupun di akhirat nanti. Karena sesungguhnya kenikmatan memberi sedekah akan terasa manfaatnya ketika kita telah kembali kepada sang pencipta yaitu Allah Subhanahu wa ta’ala.

Rasulullah bersabda : “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

Baca Juga : Bayar Zakat Fitrah Sebelum Ramadhan Berakhir

Sedekah Memberikan Banyak Manfaat

Ketika seseorang telah terbiasa dan menikmati kegiatan bersedekah maka ia akan mendapatkan manfaat sedekah yang tak terbatas dari sedekah yang diberikannya. Dan yang pasti sedekah yang kita tunaikan akan sangat membantu mereka saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

Allah berfirman : “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisik) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.” (QS. An-Nisa : 114)

Dari Umar bin Khattab radhiyallahu anhu pernah berkata : “Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri satu sama lain. Maka sedekah pun berkata (kepada amalan-amalan lainnya), ‘Akulah yang paling utama di antara kalian’.”Berlipat Ganda Pahalanya.”

Allah berfirman : “Perumpamaan (infak yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah  : 261)

Kenikmatan Memberi Sedekah

Kenikmatan Memberi Sedekah
Kenikmatan Memberi Sedekah

Rasulullah Shalulahu alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa bersedekah senilai satu biji kurma yang berasal dari mata pencaharian yang baik dan Allah tidak akan menerima kecuali yang baik. Maka sesungguhnya Allah akan menerimanya dengan tangan kananNya. Kemudian dipelihara untuk pemiliknya sebagaimana seseorang di antara kalian memelihara anak kuda, sehingga sedekah itu menjadi (besar) seperti gunung.”

Menjadikan harta berkah dan berkembang dengan cara bersedekah bisa menjadikan pelakunya memiliki harta yang berlimpah. Maka, jadilah orang kaya, dengan bersedekah.

Allah berfirman : “Katakanlah, ‘Sesungguhnya Rabbku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ : 39)

Di ayat lain disebutkan : “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali-Imran : 133-134)

Baca Juga : Bantuan Nutrisi Untuk Yatim & Dhuafa

Yuk, Menjadi Pribadi Yang Gemar Bersedekah

Karena pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin setelah meninggal dunia. Di antaranya bersedekah (yakni) mushaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang mengalir. Atau sedekah yang dikeluarkan dari hartanya dikala sehat dan sebelum meninggal, maka ia akan menghampirinya.

Tunaikan Zakat Dan Sedekah Kita, Dan Maksimalkan Ibadah Di Bulan Ramadhan

Sahabat Dermawan, Yuk kita lengkapi ibadah di bulan suci Ramadhan dan menjadi manfaat bagi banyak orang. Tebar manfaat bulan suci ini dengan zakat dan sedekah.

Yuk bantu penuhi kebutuhan hidup anak-anak yatim dan dhuafa di bulan suci Ramadhan dengan mengunjungi link di bawah ini :

sedekatduajari.id

English EN Indonesian ID
Scroll to Top