Griya Yatim & Dhuafa

Ketahuilah Pentingnya Membaca

Sahabat Dermawan, membaca merupakan sarana untuk mendapatkan sebuah informasi. Dimana informasi yang diperoleh inilah yang akan mempengaruhi kualitas hidup si pembaca. Membaca terbukti ampuh dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, pemerintah melalui program pendidikannya telah melatih siswanya agar memiliki kemampuan membaca sejak kecil. Sehingga ketika dewasa nanti, tidak ada lagi yang mengalami buta huruf, bahkan bodoh karena tidak mau membaca. Maka yuk kita simak artikel tentang Ketahuilah Pentingnya Membaca.

Cendekiawan-cendekiawan bangsa juga terlahir dari lingkungan pendidikan yang didalamnya tidak terlepas dari baca membaca. Para pakar melalui penelitiannya juga mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat literasi sebuah bangsa, akan semakin tinggi pula tingkat peradaban bangsa tersebut.

Perintah Untuk Membaca

Islam adalah agama ilmu. Ayat perdana yang Diturunkan Allah subhanahu wa ta’ala adalah perintah untuk berilmu melalui aktivitas membaca. Salah satu rahasia kejayaan peradaban Islam telah Allah paparkan melalui ayat, “Baca lah, dengan Nama Rabb-mu Yang Menciptakan.” (QS. 96: 2).

Ketahuilah Pentingnya Membaca

Sahabat, ketika kita banyak membaca maka kita akan mendapat ilmu pengetahuan yang dapat kita terapkan di dalam kehidupan kita kak. Perlu kita ketahui di dalam ayat tersebut ada kata “iqra” yang dapat digunakan untuk objek apapun. Kita disuruh oleh Allah untuk membaca apa saja yang tertulis maupun yang terhampar, yang buruk ternyata juga boleh kita baca selama motivasinya adalah untuk membedakan antara yang haq dan bathil.

Sahabat, maka sudah seharusnya kita penuhi tuntutan Allah yang memerintah kan kita untuk membaca dan mensyukuri anugerah Nya dengan menjalankan apa yang Allah perintahkan. Dia memerintahkan RasulNya dan juga untuk umatNya.  

Baca Juga : Perbanyaklah Membaca Istighfar

Sedangkan ilmu mendahului ucapan dan amal, termasuk amalan agung yakni tauhid. Allah berfirman, “Ilmuilah! Sesungguhnya tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah.” [QS. 47: 19]. Ayat ini mendorong Imam Bukhâri untuk menyusun bab khusus berjudul Al-’Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amali (ilmu sebelum berkata dan beramal).

Tidak sembarang membaca. Dalam Islam, membaca adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah. Bacaan yang dapat mendekatkan diri kepada Allah banyak sekali. Namun apabila diurutkan, maka yang pertama dan utama adalah Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi yang shahih dan hasan. Setelah itu Sirah Nabi, kemudian pembahasan aqidah, kitab-kitab fiqih dan tazkiyatun nafs dan pengetahuan ilmu lainnya yang sangat banyak sekali. Membaca adalah salah satu pintu ilmu, yang dapat menghantar kan kita kepada surgaNya Allah.

Sahabat, Yuk kita mulai gemar membaca karena banyak sekali anjuran dan manfaat yang akan di dapat dari membaca.         

English EN Indonesian ID
Scroll to Top