News

Keutamaan belajar dan mengajar

Pentingnya menuntut ilmu

Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

Belajar merupakan kewajiban setiap muslim. Rasulullah bersabda : “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Bukhari). Ilmu yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah ilmu agama. Menuntut ilmu itu diwajibkan bukan tanpa alasan. Dari setiap perintah Allah dan RasulNya, pasti mengandung hikmah. Inilah Keutamaan belajar dan mengajar yang perlu kamu ketahui ya.

Ilmu adalah yang membedakan tiap-tiap orang. Karena tidaklah sama orang yang berilmu dan yang tidak berilmu. Bahkan dikalangan orang-orang yang berilmu pun terdapat perbedaan. Pengetahuan dan cara pandang membuat pola pikir dan tindakan yang beragam.

Diwajibkan untuk menuntut ilmu itu karena setiap hal itu dilakukan dengan ilmu. Shalat, puasa, zakat, dan ibadah lainnya, semuanya menggunakan ilmu untuk pengamalannya.­ Ilmu merupakan syarat sah ibadah dan amalan. Misal, untuk shalat kita memerlukan ilmu, kita harus mengetahui niat, dan rukun-rukunnya.

ilmu adalah syarat sah ucapan dan perbuatan. Ucapan dan perbuatan tidak akan dinilai kecuali dengan ilmu. Oleh sebab itu, ilmu didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan. Karena ilmu yang akan men-sahkan niat, dan niat adalah yang men-sahkan amal.

Belajar untuk  mengajar

Keutamaan belajar dan mengajar

Allah berfirman : “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majlis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah : 11).

Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Menuntut ilmu saja tidaklah cukup, namun perlu diikuti dengan mengajarkan dan mengamalkan ilmu tersebut. Orang yang berilmu itu Allah naikkan derajatnya. Terlebih lagi orang yang berilmu dan mengajarkan ilmunya.    

Ilmu pun dapat mencelakakan seseorang. Yaitu jika kita tidak menyampaikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Menyampaikan ilmu pun tidak mudah. Berdakwah itu pun ada ilmunya. Itulah keutamaan ilmu, yang mengawali segala sesuatu. Menuntut ilmu itu wajib dan orang yang menuntut ilmu akan dinaikkan derajatnya oleh Allah.

Baca Juga : Anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa Aktif Belajar

Rasulullah bersabda : “Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku atas orang yang paling rendah di antara kalian.” Setelah itu beliau melanjutkan, “Sesungguhnya Allah, para malaikat, para penduduk langit dan bumi, bahkan semut di lubangnya, dan para ikan mendoakan pengajar kebaikan pada manusia.” (HR. Tirmidzi). 

Imam Al-Ghazali berkata, “Semua manusia itu celaka, kecuali orang berilmu, semua orang berilmu itu celaka kecuali orang yang beramal. Dan semua orang beramal akan celaka kecuali orang yang ikhlas. Dan orang yang Ikhlas akan selalu dibayangi  bahaya yang besar.” Itulah artikel mengenai Keutamaan belajar dan mengajar.

Alhamdulillah Kak, adik-adik hebat kita, anak-anak asuh binaan Griya Yatim & Dhuafa (GYD) cabang Cileungsi Bogor, selepas shalat ‘Isya mereka lanjut dengan belajar ngajar. Yuk Kak, kita doakan dan dukung terus mereka, semoga mereka kelak bisa menjadi anak-anak shalih dan kita tercatat oleh malaikatNya sebagai perantara keshalihan mereka.

Share it on