Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

Griya Yatim Dhuafa
Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur
                       Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

Donasiberkah – Sahabat Dermawan, begitu indah di dalam agama Islam. Allah memberikan pahala kepada hambanya setiap kebaikan yang ia lakukan, salah satunya amalan-amalan kebaikan yang dilakukan sebelum tidur. Banyak telah diriwayatkan tentang amalan-amalan yang baik untuk dilakukan sebelum kita hendak tidur. Salah satu amalannya, yakni anjuran membaca surah Al-Mulk. Inilah artikel tentang keutamaan membaca surah al-mulk sebelum tidur, yuk kita simak.

Baca Juga : Di Pagi Hari Terdapat Keberuntungan Dan Keberkahan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa membaca surat Tabarokalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. An-Nasa’i).

Terhindar Dari Siksa Kubur

Keutamaan pertama yang dapat diperoleh dari membaca surat Al Mulk adalah sesuai hadits di atas di jauhkan dari siksa kubur. Maka hendaknya amalan yang begitu banyak manfaat hendaknya jangan di tinggalkan.

Memberikan Syafa’at Kelak

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, mengenai keutamaan dari surat Al Mulk. Surat ini dapat memberikan syafa’at kelak, sehingga orang yang membacanya mendapatkan sebuah ampunan dari dosa dan keslahan yang ia lakukan.  Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Ada satu surat dari Al-Qur’an yang tersiri dari tiga puluh ayat dan memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yakni “Tabaarakalladzii biyadihil mulku (surat Al Mulk).” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur
Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

Terlindung Dari Sifat Maksiat

Maka , setiap dari mereka yang membaca surat Al Mulk ini akan terlindung dari perbuatan maksiat, sebagaimana salah satu kandungan ayat yang berada di dalam surat tersebut. Bah orang yang taat kepada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihatnya.

“Mereka itu takut kepada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat kepada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah.” (QS. Al-Mulk : 12).

Baca Juga : Manfaat Melakukan Dzikir Di Pagi Hari

Yuk kak, kita coba untuk mengamalkan anjuran Rasulullah tersebut. Semoga Allah berikan kita keistiqomahan untuk terus menjalankannya. Dan semoga kita termasuk hambaNya yang akan mendapatkan keutamaannya. Aamiin. Yuk kak kunjungi link di bawah ini : https://berbagi.link/griyayatim

131 views