Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan Mengasuh & Menyantuni Anak Yatim 

Keutamaan Mengasuh & Menyantuni Anak Yatim
                   Keutamaan Mengasuh & Menyantuni Anak Yatim

Donasiberkah – Surga adalah sebuah cita-cita tertinggi dari setiap orang, namun cita-cita tidak akan tercapai apabila hanya berpangku tangan. Semua cita-cita harus diraih dengan pengorbanan dan tekad yang bulat, apalagi cita-citanya adalah surga. Namun, dalam meraih surga, Allah memberikan pintu-pintu untuk menujunya, salah satunya mengasuh dan menyayangi anak yatim.

Baca Juga : Yuk Wakaf Kendaraan Untuk Pemberdayaan Yatim & Dhuafa

Kewajiban Memperhatikan Keperluan Mereka

Allah secara tegas mengatakan sesosok anak yatim yang harus di kasih, dipelihara dan di perhatikan kebutuhan mereka. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah ” memperbaiki keadaan mereka adalah baik.” (QS. Al-Baqarah : 220). Menyantuni dan menyayangi mereka adalah sebuah kemuliaan. ⁣

Kemudian Allah memerintahkan kita untuk memperhatikan hak-hak anak yatim dan fakir miskin. Sebab orang yang membiarkan anak yatim dan orang miskin telantar, dia termasuk orang yang mendustakan Agama. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Tidaklah kau melihat orang yang menipu agama? yaitu mereka yang membiarkan anak-anak yatim terlantar, dan tidak peduli atas makanan orang miskin.” (QS. Al-Maun : 1-3).

Jadi di dalam ayat yang di atas, Allah telah menyuruh kepada kita untuk selalu memperhatikan hak dan kebutuhan anak yatim dan juga memberi makan kepada orang miskin. Sebab di dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain yang hendaknya kita keluarkan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Bahwa dalam setiap harta terdapat hak orang lain (orang yang meminta-minta dan orang yang tidak meminta-minta).” (QS. Adz-Dzariyat : 19).

“Dan sesungguhnya Allah telah mewajibkan kaum Muslimin untuk mengeluarkan zakat yang diambil dari mereka  yang kaya lalu diserahkan kepada fakir miskin dari mereka.” (HR. Bukhari & Muslim).

Keutamaan Mengasuh & Menyantuni Anak Yatim
Keutamaan Mengasuh & Menyantuni Anak Yatim

Bukti Keimanan Di Dalam Hati

Menolong anak yatim dalam bentuk apapun adalah sebuah bukti yang nyata, bahwa kita bukanlah orang yang berdusta. Membantu mereka adalah sebuah ibadah yang akan mendatang kan rahmat ataupun pertolongan Allah baik di dunia maupun di akhirat.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang menghilang kan kesusahan orang mukmin di dunia, maka Allah akan mehilangkan kesusahannya di dunia maupun di akhirat. Barang siapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan di akhirat” (HR. Muslim).

Mereka yang menyisihkan sebagian rezeki yang mereka miliki untuk menyantuni anak-anak yatim serta merawatnya maka jaminannya adalah surga. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat Muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan memasukkannya ke dalam syurga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni” (HR. Tirmudzi).

Baca Juga : Muliakan Anak Yatim Dengan Sedekah Kita

Yuk Sedekah Untuk Pemberdayaan yatim & Dhuafa

Yuk kak, sayangi anak-anak yatim, agar kita bisa mendapat kedudukan yang mulia di surga kelak. Dengan menyisihkan sebagian hartanya untuk kebutuhan anak yatim & dhuafa, melalui link kebaikan di bawah ini:

Donasi Sekarang Griya yatim
             Donasi Sekarang Griya yatim
English EN Indonesian ID
Scroll to Top