News

Keutamaan Sedekah kepada Anak Yatim

Donasiberkah. – Sahabat dermawan, perlu diketahui bahwa, tidak ada dalil Al-Qur’an maupun hadits yang menyatakan bahwa sedekah akan membuat kita menjadi miskin, namun sebaliknya sedekah akan menjadikan kita serba berkecukupan. Mengapa demikian ? Karena Allah subhanahu wa ta’ala telah berjanji, barang siapa yang mau bersedekah maka akan dilipat gandakan sampai 700 x lipat. “Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”. (HR. Muslim). Yuk kitas simak artikel tentang Keutamaan Sedekah kepada Anak Yatim ya ka.

Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18).

Keutamaan Sedekah Yatim

Keutamaan Sedekah kepada anak yatim

                                (Keutamaan Sedekah Yatim dan dhuafa)

Di dalam ayat yang lain Allah juga berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartannya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 261).

Sungguh luar biasa keajaiban sedekah. Saking luar biasanya, Ibnu Qayyim dalam mengatakan: “Dalam bersedekah banyak hal luar biasa, termasuk menolak beragam bencana dan penyakit. Sekalipun yang melakukan sedekah adalah orang yang durhaka ataupun orang yang banyak

menganiaya.” Bersedekah ke anak yatim juga dapat menghindarkan diri dari bala bencana dan mara bahaya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam yang mengatakan bahwa tidak ada musibah serta bencana yang dapat mendahului sedekah. Di waktu yang sama, beliau juga mengungkapkan kalau sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan, (H.R Imam Baihaqi).

Jangan Takut Hilang Harta Ketika Sedekah

Sahabat, oleh karenanya jangan takut miskin untuk mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah. Justru dengan bersedekah rezeki kita akan tambah berlimpah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya bersedekah tidak mengurangi hartamu” (HR. Muslim).

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Dan barang apa saja yang kamu nafkah kan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS.Saba’ : 39).

Mengingat banyaknya manfaat sedekah, Imam Samarqandi mengatakan:

Biasakanlah kamu untuk terus bersedekah, baik dalam jumlah kecil maupun jumlah yang besar karena dalam sedekah ada sepuluh manfaat. Lima manfaat yang akan kamu peroleh ketika di dunia dan lima manfaat ketika di akhirat kelak.

Sahabat Inilah Keutamaan Sedekah kepada Anak Yatim, Yuk kita selalu budayakan gemar sedekah dalam kondisi apapun. Karena di antara ciri orang yang bertakwa adalah orang yang tetap bersedekah ketika sempit atau lapang, ketika suka maupun duka. Kak, kamu dapat sedekah untuk yatim dan dhuafa dengan cara klik tombol sedekah dibawah ini ya:

Share it on