Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan Sedekah Subuh

Donasiberkah.id – Sahabat dermawan, sedekah merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah, sedekah juga memiliki tujuan untuk membersihkan harta. Berbeda dengan amalan shalat dan puasa yang ditentukan waktunya, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun, baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Namun ketahuilah bahwa ada waktu di mana sedekah itu menjadi istimewa, yakni Sedekah di Waktu Subuh. Yuk kita simak bersama artikel mengenai keutamaan sedekah subuh. 

Dan perlu kita ketahui bahwa, tidak ada ada dalil Al-Qur’an maupun Hadits yang menjelaskan bahwa sedekah membuat kita menjadi miskin. Akan tetapi sebaliknya sedekah akan menjadikan seseorang serba berkecukupan. Karena Allah Ta’ala menjanjikan, barangsiapa yang mau bersedekah maka akan dilipat gandakan sampai 700 x lipat

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya”. (HR. Muslim).

Apa sih Keutamaan Sedekah di Waktu Subuh?

Sahabat, di antara banyaknya waktu di dalam kehidupan kita, subuh adalah salah satu waktu yang paling utama di dalam bersedekah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya” ( HR. Bukhari & Muslim).

Di dalam hadits tersebut memberikan sebuah informasi, bahwa di dalam bersedekah di waktu subuh

Keutamaan Sedekah Subuh
  1. Orang yang Bersedekah akan didoakan para Malaikat     

Dari hadits di atas bahwa siapa saja yang melakukan sedekah di waktu subuh, maka para malaikat akan berdoa kepada Allah agar di permudah rezekinya orang yang melakukan sedekah. Namun sebaliknya para malaikat mendoakan kebinasaan dan kebangkrutan pada siapa saja yang enggan berinfak dan menyisihkan sebagian harta mereka.

  1. Allah akan melipat gandakan di dalam hartanya

Bersedekah tidak akan pernah membuat seseorang menjadi jatuh miskin. Nah, begitu juga kepada mereka yang selalu melakukan sedekah di waktu subuh. Membiasakan bersedekah justru akan mendatangkan ridhaNya Allah serta mendatangkan rezeki. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”  (QS. Al-Baqarah : 261).

  1. Menghapus Dosa-dosa

Sahabat, sedekah merupakan amalan yang mampu menghapus dosa. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  “Sedekah dapat menghapus dosa sebagimana air memadamkan api.” (H.R. Tirmidzi)

Dengan melakukan sedekah subuh. Insya Allah Kak, kita akan terhindar dari segala macam yang tidak di inginkan termasuk akhir yang buruk (su’ul khotimah). Kematian mendadak juga bisa dicegah dengan bersedekah secara rutin. Nabi bersabda, “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

Yuk Kak, Perbanyak sedekah di waktu subuh. Insya Allah setiap kebaikan yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang baik. Aamiin.

English EN Indonesian ID
Scroll to Top