Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan Shalat Berjamaah

Griya Yatim Dhuafa
Keutamaan Shalat Berjamaah
                               Keutamaan Shalat Berjamaah

Donasiberkah – Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib di laksanakan bagi setiap Muslim, shalat sendiri menjadi bagian yang paling pokok dalam ibadah seseorang. Shalat juga amalan yang akan di hisab pertama kalinya. Lalu apa saja keutamaan shalat berjamaah? Diriwayatkan dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan (kelipatan) dua puluh tujuh derajat,” (Muttafaq ‘alaihi).

Baca Juga : Shalat Sunnah Yang Tak Ternilai Harganya 

Nah, shalat berjamaah adalah peningkatan dari shalat munfarid (shalat yang dikerjakan secara sendirian). Pahala yang akan Allah berikan pun sangat besar, terutama jika dilakukan di masjid. Secara syariah jamaah atau berjamaah adalah shalat yang dilakukan bersama-sama lebih dari satu orang. Inilah Keutamaan shalat berjamaah yang di kerang oleh Imam Suyutti, yuk kita simak :

 Mendapatkan Pahala 27 Derajat

Kak, maka tidk heran jika pahala yang akan didapatkan kepada seseorang yang shalatnya berjamaah dari pada shalat sendirian. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersbda : “Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat shalat sendirian dengan selisih 27 derajat” (HR. Bukhari).

Akan Mendapatkan Pahala Seperti 25 Shalatan

Sebagaimana dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwsiat kepadaku, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Wahai Abu Hurairah, shalatlah berjama’ah walaupun sambil duduk karena Allah Ta’ala memberikan kepadamu dalam setiap shalat jama’ah pahala 25 shalatan di selain shalat tanpa berjama’ah.”

Baca Juga : Keutamaan dan Kemuliaan Shalat Dhuha

Keutamaan Shalat Berjamaah
       Keutamaan Shalat Berjamaah

Allah Akan Melindungi Dari Panas Api Neraka

Kak, bahwa orang yang selalu mengerjakan shalatnya dengan berjamaah, akan di lindungi dari spanasnya siksaan api neraka. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa berjamaah shalat shubuh kemudian duduk seraya mengingat Allah Ta’ala hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan sari api neraka.”

Masuk Surga Tanpa Hisab

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “barang siapa berjamaah shalat shubuh dan asar maka di akan masuk surge tanpa hisab.”

Bebas Dari Sifat munafik

Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa shalat berjamaah selama 40 hari maka Allah Ta’ala menetapkannya bebas dari api neraka dan bebas dari sifat munafik.”

Baca Juga : Jangan sekali-kali melalaikan shalat

Yuk Kak, jangan pernah untuk meninggal shalat berjamaah, sebab banyak keutamaan yang akan kita raih. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk menjalankan amalan tersebut. Aamiin.

18 views