Griya Yatim & Dhuafa

Keutamaan Tadarus Al-quran

Griya Yatim Dhuafa
Keutamaan Tadarus Al-quran
                                             Keutamaan Tadarus Al-quran

Donasiberkah.org – Umat Muslim di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mencari amal kebaikan.  Tadarus Al Quran sendiri atau berkelompok. Tadarus berasal dari asal kata Darosa-Yadrusu yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran dari wahyu-wahyu Allah. Inilah keutamaan tadarus al-quran sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam keseharian. 

Baca Juga : Rutinitas Menghafal Quran Anak Asuh Griya Yatim & Dhuafa

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dikisahkan : “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al Quran.” (HR.Bukhari).

Lantas apa saja keutamaan kegiatan membaca Al Quran ?

Berikut ini adalah keutamaan tadarus Al Quran secara sendiri maupun bersama-sama:

Memberi Syafaat Di akhirat 

Ibadah membaca Al Quran adalah ibadah yang akan memberi syafaat di akhirat nanti. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Puasa dan Al Quran akan memberi syafaat (pertolongan) pada seorang hamba di hari kiamat.” Puasa berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan makanan dan syahwat. Dan berilah syafaat bagiku untuknya.” Al Quran juga berkata: “Ya Tuhanku, karena aku orang tersebut menahan tidak tidur di malam hari. Berilah syafaat bagiku untuknya.” (HR. Ahmad & Thabrani). 

Memperbaiki Bacaan Dan Menjaga Hafalan Al Quran

Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Quran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya. Oleh karena itu, ini adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al Quran. Biasannya kegiatan ini dilakukan dengan guru pembimbing atau ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan kita.

Baca Juga : Memperbanyak Baca Al-Qur’an Anak Asuh tekno

Memaknai Dan Mengamalkan isi Al Quran

Saat tadarus jangan lupa memperhatikan, menggali, dan mendalami makna ayat-ayat Al Quran. Perintah ini bahkan tercantum dalam firman Allah : “Maka tidakkah mereka menghayati Al-Qur’an ataukah hati mereka sudah terkunci?” (QS. Muhammad : 24)

Akan Berkumpul di Surga 

Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berikut: “Orang yang mahir membaca Al Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim). 

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu ia berkata: “Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Al Quran. Ketika jibril ditemui Rasulullah  Shallallahu alaihi wa sallam adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan. “kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Keutamaan Tadarus Al-quran
              Keutamaan Tadarus Al-quran

Menjalin Ukhuwah Islamiyah

Dengan bertadarus Al-Quran, juga dapat mempererat ukhuwah islamiyah antara sesama muslim. Dalam membentuk pendidikan akhlakul karimah. 

Allah Berfirman : “Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum ( Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Ali ‘Imran 164)

Memberi ketenangan hati 

Ketika seseorang membaca al-quran maka  Allah Subhanahu wata’ala akan menurunkan ketenangan kedalam hatinya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah  bersabda: “Tiadalah berkumpul suatu kaum dalam baitullah [masjid] untuk membaca kitab Allah Shallallahu alaihi wasallam dan mempelajarinya, melainkan pasti turun pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat dan diingat Allah di depan makhluk yang sisinya.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Mulia Bersama Al-Qur’an, Dengan Sedekah Al-Qur’an 

Rahmat melimpah dari Allah

Bagi orang yang membaca Al-Quran, maka Allah akan memberikan rahmat kepadanya. 

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi.” (QS. Fathir : 29)

Malaikat akan Melindungi Orang Yang Membaca Al-quran

Ketika melakukan tadarus Al-Quran, orang yang membacanya akan memperoleh perlindungan malaikat, sesuai sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam : “Orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat baik, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan (dalam membaca), maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari & Muslim). 

Tinggi derajatnya

Dengan bertadarus Al-Quran maka Allah akan Mengangkat derajat seseorang. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (Al-Quran) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula,” (HR. Muslim).

Baca Juga : Awali Pagimu Dengan Tadarus Quran

Yuk, Membiasakan Diri Bertadarus Quran

Demikian pembahasan mengenai keutamaan tadarus Alquran. Dan semoga kita bisa mengisi waktu pagi dengan melakukan amalan kebaikan. Semoga keutamaan tadarus Al Quran bisa memotivasi diri kita untuk selalu bertadarus. 

Dan tak lupa pula kami ucapkan untuk para sahabat dermawan, serta ribuan OrangBaik yang selalu mendonasikan sebagian hartanya untuk para yatim & dhuafa. Melalui link gambar di bawah ini !

Donasi Sekarang Griya yatim
               Donasi Sekarang Griya yatim
56 views
English EN Indonesian ID