Griya Yatim & Dhuafa

Kisah Sahabat Tentang Keajaiban Sedekah Melalui Ladang Pertanian

Griya Yatim Dhuafa

Donasiberkah.id- Kisah keajaiban sedekah ini datang yang Rasulullah ﷺ sampaikan dan ditulis dalam kitab Riyadhus Shalihin.

Dalam kisah tersebut terdapat seorang petani kurma di Madinah, dilahan petani tersebut aliran air sangat kurang, sehingga kesuburan dari tanah tersebut kurang dan buah – buahannya tidak muncul dengan baik.

Ia khawatir, jika terus menerus terjadi seperti itu, panen tidak bisa maksimal dan kebutuhan diri dan keluarganya akan kurang.

353159 Barren, Desert, Naked Tree, Sand 4k wallpaper - Mocah HD Wallpapers

Kemudian ia menengadah ke langit. Kedua tangan diangkat setinggi mungkin sambil berdoa.

Tak lama setelah itu, Allah mengirimkan awan lebat yang ada di atas kebunnya. Sang petani tersenyum kegirangan.

Dalam hatinya ia berkata “ Allah telah mengabulkan doa yang kupanjatkan tadi “.

Awan Hujan Kertas Rintik - Gambar gratis di Pixabay

Namun sebaliknya, yang terjadi tidak sesuai dengan pikiranya, terdengar suara yang berasal dari langit dan berbunyi “Wahai awan, pergilah ke tanah si fulan”.

Maka berjalanlah awan tersebut ke arah lain, ke tempat kebun yang suaranya tadi terdengar.

Sang petani merasa kesal dalam batin sang petani : “ Mengapa hujan tidak jadi turun di tanahku ? ”

Sang petani pun penasaran. Ia ikuti ke arah awan itu berjalan dan menurunkan air yang dikandungnya untuk diturunkan ke tanah.

Sang petani sampai di kebun dengan daun tanaman yang rimbun, airnya melimpah. Sang petani keheranan melihat petani lain yang sedang sujud bersyukur karena awan tersebut menurunkan air yang ada di dalamnya di tanah yang subur miliknya.

7 Oase Paling Cantik di Seluruh Dunia, Jadi Pengin Langsung Nyebur

Saat itu petani memanggil si pemilik tanah, si pemilik tanah merasa keheranan lalu bertanya “ Saudara,   dari mana Anda tahu namaku ?

Si petani menjawab, itulah saudaraku, aku sendiri ingin bertanya sebaliknya.  Amalan  apa yang membuat usahamu begitu berkah hingga namamu ku dengar dari atas langit yang memerintahkan awan  untuk menurunkan hujan ditanahmu .

Subhanallah apakah ini sebuah prestasi hebat sehingga nama seseorang disebut dari langit?

Pemilik tanah lalu menjawab pertanyaan  dari petani .

“ Saudara, belum  ada orang yang aku beritahu tentang rahasia amalan  yang aku kerjakan sehingga menghasilkan yang sedemikian.

Namun  karena engkau tahu sebagian rahasia ini dan  juga karena engkau telah menanyakannya,  maka tak layak bagiku untuk merahasiakannya lagi “

Petani berkata “ceritakanlah padaku wahai saudara”

Fakta Buah Kurma, Buah yang Diistimewakan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW

Pemilik tanah lalu menceritakannya “   Rahasianya mungkin adalah setiap kali kebun dan tanah ini member hasil, hanya sepertiga yang aku pakai makan. Sepertiganya lagi aku kembalikan untuk modal selanjutnya. Dan sepertiganya lagi aku berikan kepada Allah sebagai bentuk infakku di jalannya. Itulah amalan yang aku berikan, sehingga membawa ke hasil yang seperti ini”.

Kesimpulan

Kebun Kurma Madinah - Baaca.id

Dari kisah diatas, sedekah sejatinya tidak akan membuat harta yang kita miliki akan habis begitu saja. Memang benar secara logika harta yang di berikan akan berkurang. Namun jika disedekahkan dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, akan ada balasan yang diterima.

Maka dari itu kita harus mulai menyadari bahwa harta yang kita punya hanyalah titipan semata. Ada hak orang lain didalamnya.

Selain itu Allah telah berjanji bahwa rezeki akan diberikan kepada siapapun terlebih kepada orang yang rajin bersedekah.

Itulah kumpulan kisah keajaiban sedekah yang bisa kita ambil hikmahnya.

Yang Dermawan) untuk mensejahterakan anak-anak yatim dan dhuafa? Yuk tunaikan zakat, inaq-sedekah maupun wakaf di link kebaikan di bawah ini:

98 views
English EN Indonesian ID